Begini Cara Menghitung Masa Subur Lewat Siklus Menstruasi

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • unsplash.com

VIVA – Setiap wanita memiliki kemampuan yang berbeda-beda untuk hamil. Ada yang langsung diberikan keturunan segera setelah menikah, ada yang harus menunggu beberapa waktu, dan ada pula yang memang tidak dikaruniai anak. Hal ini bisa dipengaruhi oleh masa subur. Berikut, ulasan mengenai masa subur wanita!

Masa Subur Wanita Setelah Haid, Begini Cara Hitungnya

Normalnya, menstruasi akan terjadi pada setiap wanita. Namun, tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur. Bagi Kamu yang seperti ini, cara menghitung masa suburnya agak sedikit rumit. Sebab, Kamu harus mengetahui siklus menstruasi minimal delapan bulan terakhir.

Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama Kamu menstruasi sebelumnya, sampai dengan hari pertama Kamu menstruasi berikutnya. Kemudian, hitung secara berturut-turut selama delapan bulan dan ketahui berapa hari siklus terpanjang dan juga terpendeknya.

Sedang Program Hamil? Coba 10 Tips Cepat Hamil Setelah Haid

Jika selama enan bulan berturut-turut siklus menstruasi Kamu adalah 29 hari, 31 hari, 27 hari, 28 hari, 26 hari, dan 30 hari, maka siklus menstruasi terpendek adalah 26 hari dan siklus terpanjang adalah 31 hari.

Perhitungan masa subur dari siklus terpendek adalah dengan cara mengurangi angka tersebut dengan 18. Hasilnya adalah hari pertama Kamu berada pada posisi paling subur. Sedangkan pada siklus terpanjang, misalnya 31 hari, kurangi angka tersebut dengan angka 11. Hasilnya adalah hari terakhir saat Kamu paling subur.

#TanyaDokter: Bagaimana Cara Menghitung Masa Subur Agar Cepat Hamil?

BACA SELENGKAPNYA

Ilustrasi siklus haid tidak lancar.

5 Manfaat Penting Mencatat Siklus Menstruasi dan Cara Hitung Masa Subur

Wanita wajib tahu cara menghitung masa subur karena banyak manfaat penting ketika mencatat siklus menstruasi. Salah satunya dapat dijadikan alat KB alami bagi pasangan.

img_title
VIVA.co.id
12 Oktober 2022