Mirip Serangan Stroke, Kenali Gejala Parkinson

Ilustrasi Lansia
Sumber :
  • Pixabay/ TusitaStudio

VIVA – Parkinson, pernahkah Anda mendengarnya? Banyak orang awalnya tidak mengetahui jenis penyakit ini. Bahkan, banyak yang baru mengenal penyakit ini lewat Muhammad Ali yang selama lebih dari 30 tahun hidup dengan penyakit ini. Lalu, apa sebenarnya Parkinson? 

Waspada, Air Tercemar Bisa Menyebabkan Penyakit Parkinson

Parkinson adalah suatu kemunduran dari sistem saraf pusat yang sering merusak kemampuan motorik dan kemampuan berbicara penderitanya. Gejala awal penyakit Parkinson ini sulit dikenali, pada penderita Parkinson tahap awal, gejala yang mungkin timbul adalah susah menggerakan wajah, sehingga lebih sering tidak memiliki ekspresi. 

Selain itu, mungkin tanpa disadari, ketika penderita berjalan santai, lengan tidak lagi berayun seperti yang biasa orang normal lakukan. Jika dilihat sekilas, penderita parkinson tak jauh berbda dengan pasien pasca stroke. 

Bantu Pasien Stroke Hingga Parkinson, Alat Robotic Rehabilitasi Medik Sudah Tersedia di Indonesia

Untuk mengenal lebih jauh soal bahaya parkinson, Dr.dr. Salim haris, Sp.S(K), FICA akan menjelaskannya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT (AHS) di tvOne, Senin 13 Agustus 2018. 

Dipandu host, dr Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) dan Dita Fakhrana AHS juga akan tayang live streming pukul 13.00-14.00 WIB di laman ini.

Bruce Willis Didiagnosa Demensia: Penyakit Memilukan dan Kejam
Ilustrasi otak.

Prosedur Pemasangan Stimulasi Saraf di Otak, Bantu Perbaiki Gejala Parkinson

Penyakit Parkinson adalah gangguan neurologis yang umum terjadi pada populasi usia lanjut, dengan keluhan utama seperti gerakan melambat, tremor, dan kekakuan pada sendi.

img_title
VIVA.co.id
12 Juli 2023