Kissing Bug, 'Ciuman' Serangga yang Bisa Mematikan

Serangga
Sumber :
  • TVOne

VIVA – Serangga yang dikenal dengan kissing bug, belakangan ini menjadi ancaman bagi banyak orang. Serangga kecil jahat ini disebut-sebut bisa mengubah sebuah ciuman menjadi kematian.

Serangga Ini Kuasai AS, Padahal Sempat Terancam Punah

Kissing bug telah menjadi ancaman mengerikan setelah para peneliti mengungkapkan bahwa hingga 30 persen korbannya mengalami masalah kesehatan yang mengancam jiwa, termasuk penyakit jantung dan kematian mendadak.

Angka kehadiran serangga ini meningkat di Amerika Serikat, menyerang setidaknya 300.000 penduduk di 40 negara bagian, termasuk di Pennsylvania, setelah menjangkiti Amerika Tengah dan Selatan selama bertahun-tahun.

Cara Kerja Nyamuk Wolbachia, Inovasi Baru untuk Atasi Penyebaran DBD di Indonesia

Serangga triatomine, yang juga menggigit orang di atau dekat mata mereka, mengisap darah kemudian buang air besar di dekat gigitan. Kotorannya membawa parasit yang menyebabkan penyakit Chagas.

Dilansir laman Forbes, efek jangka panjang dari parasit dalam aliran darah adalah kekhawatiran para ahli. Seseorang dapat hidup bertahun-tahun tanpa gejala dan kemudian menderita gagal jantung, stroke, detak jantung yang tidak teratur, atau kematian mendadak.

Penyebab Kunang-kunang Mengeluarkan Cahaya

Sekitar 20 hingga 30 persen dari orang-orang terinfeksi penyakit Chagas akibat gigitan serangga ini. Penyakit ini juga dapat menyebar melalui transfusi darah dan donasi organ, meskipun kebanyakan bank darah AS menyaring parasit.

Kissing bug paling sering ditemukan di Texas, Florida, dan California Selatan. Dokter mengatakan skrining luas dan pengobatan dini untuk parasit diperlukan untuk membantu mencegah penyebaran penyakit.

Ilustrasi makanan dari serangga.

Mengonsumsi Serangga Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Tubuh, Apa Saja?

Salah satu sumber makanan yang mulai mendapatkan perhatian lebih adalah serangga. Meskipun mungkin terdengar tidak biasa, tapi konsumsi serangga banyak manfaatnya.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024