Serangga Ini Kuasai AS, Padahal Sempat Terancam Punah

Lebah tukang kayu.
Sumber :
  • Istimewa

Amerika Serikat – Lebah tukang kayu dianggap sebagai serangga hama oleh banyak orang dan dapat menyebabkan kerusakan serius pada kayu di sekitar rumah, mereka masih memainkan peran ekologis yang sangat penting dalam lingkungan di dunia. Saat ini bahkan lebah jenis ini menguasai Amerika Serikat (AS),

Laba Bersih Bank Jago Naik 24 Persen Kuartal I-2024, Intip Sumber Cuannya

Namun, mari kita lihat lebih dekat, apakah lebah tukang kayu terancam punah?

Lebah tukang kayu adalah penyerbuk yang rajin, yang berarti mereka membantu bunga dan tanaman untuk mekar dan tumbuh. Hal ini sangat penting bagi kesehatan lingkungan kita secara keseluruhan dan memainkan peran besar dalam mata pencaharian manusia serta hewan lainnya.

Asia Tenggara Bisa Jadi Pemimpin Industri Kripto Dunia, Begini Penjelasannya

Ada gerakan besar "selamatkan lebah" dan ini umumnya mengacu pada lebah madu, tetapi jika lebah tukang kayu juga merupakan penyerbuk, bukankah kita juga harus melindunginya?

Apakah Lebah Tukang Kayu Terancam Punah? - Status Kepunahan

Angin Segar untuk Startup Pemula

Dilansir The Pestin Former, Selasa, 16 Januari 2024, lebah Carpenter saat ini tidak dicap sebagai hewan yang terancam punah, tetapi populasinya telah menurun dari tahun ke tahun karena pestisida, hilangnya habitat, serta kurangnya sumber makanan.

Hanya karena lebah tukang kayu secara resmi dilabeli sebagai tidak terancam punah, bukan berarti kita harus mengabaikan tingkat populasinya yang terus menurun.

Jika Anda berurusan dengan serangan lebah tukang kayu, saya selalu merekomendasikan untuk membaca panduan kami tentang cara membasmi lebah tukang kayu tanpa membunuh mereka!

Mengapa Lebah Kayu Mati dan Tingkat Populasi Menurun?

Ada beberapa alasan mengapa populasi lebah kayu dan lebah lainnya seperti lebah madu menurun di Amerika Utara dan di seluruh dunia. Alasan yang paling umum adalah:

Meningkatnya penggunaan pestisida: Selama 20 tahun terakhir, dunia bergantung pada penggunaan pestisida dalam jumlah besar yang tidak hanya membunuh hama yang menjadi targetnya, tetapi juga hama lain yang ada di sekitarnya. Hal ini telah membunuh sebagian besar populasi lebah secara keseluruhan dan hal ini telah mempengaruhi lebah tukang kayu dan lebah madu.

Meningkatnya Parasit dan Penyakit: Populasi lebah baru-baru ini dirusak oleh parasit dan penyakit seperti "varroosis" yang menyebabkan lebah tidak dapat terbang atau bereproduksi dan segera membuat mereka mati. Penyakit ini dapat menyebar dengan mudah di antara lebah individu, sehingga lebih banyak menyerang lebah madu karena mereka hidup dalam koloni yang besar dibandingkan dengan lebah tukang kayu.

Musim dingin: Dalam 20 tahun terakhir, cuaca yang lebih luas di wilayah-wilayah utama lebah. Ini berarti lebah tukang kayu harus bertahan hidup di musim dingin yang lebih lama dan lebih dingin dari biasanya, dan akhirnya membunuh banyak lebah tukang kayu.

Tentang Status Terancam Punah Lebah Tukang Kayu

Saat ini, lebah tukang kayu tidak terancam punah, tetapi populasinya menurun karena meningkatnya penggunaan pestisida berbahaya yang membunuh lebah tukang kayu dan serangga lain di sekitarnya yang bermanfaat bagi ekosistem kita.

Kami di ThePestInformer selalu merekomendasikan penggunaan solusi berbasis non-pestisida untuk mengendalikan serangan hama Anda. Ini lebih sehat untuk ekosistem kita dan teman serta keluarga kita.

Saya harap Anda menikmati artikel ini tentang apakah lebah tukang kayu terancam punah dan semoga solusi kami tentang opsi perawatan nonpestisida bermanfaat bagi Anda!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya