Terkuak, Separuh Perempuan Tak Puas sama Pasangannya

Ilustrasi pria hendak berkomitmen dengan menikahi pasangannya.
Sumber :
  • marriage.com

Tokyo – Hasil survei terbaru menunjukkan bahwa sebagian besar perempuan di negara maju seperti Jepang merasa tidak puas dengan kinerja suami mereka.

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Alasan di balik ketidakpuasan ini adalah kurangnya partisipasi suami dalam pekerjaan rumah tangga, di mana lebih dari 15 persen responden melaporkan bahwa pasangan mereka bahkan tidak melakukan pekerjaan rumah sehari-hari sama sekali.

Klarifikasi Pastor di Ruteng NTT Usai Dituding Selingkuhi Istri Orang

Warga Jepang yang menggunakan Yukata saat menyambangi kampung air panas di Kurokawa Onsen, Sabtu (11/3/2017)

Photo :
  • VIVA.co.id/Ezra Natalyn

Dilansir dari SCMP, Selasa, 16 Januari 2024, menyebut bahwa studi yang dilakukan oleh lembaga penelitian swasta Shufu Job Shoken, lebih dari separuh, yakni 55,3 persen istri di Jepang, merasa tidak puas dengan tingkat partisipasi pekerjaan rumah tangga yang dilakukan oleh suami mereka.

Di Luar Singa di Rumah Kayak Kucing, Begini Momen Onadio Leonardo Manja-manja ke Istri

Hampir 40 persen mengatakan mereka tidak senang karena pasangan mereka hanya memberikan "sedikit bantuan", sementara 15,5 persen mengatakan suami mereka tidak pernah memasak, membersihkan, atau merawat anak-anak.

Ini merupakan tingkat ketidakpuasan tertinggi di kalangan perempuan Jepang yang dicatat oleh lembaga yang berbasis di Tokyo tersebut sejak penelitian tersebut dimulai tiga tahun lalu.

Sekitar 16,7 persen dari 510 responden mengatakan suami mereka melakukan "cukup" dan mereka puas dengan upaya mereka, sementara 28 persen mengatakan pasangan mereka "sedikit dan saya tidak mengeluh".

Demikian pula, tingkat kepuasan di kalangan istri Jepang tercatat paling rendah. Suami saya tidak memasak, tidak mencuci, dan tidak pernah membersihkan rumah," kata Fumiyo Hayashi, seorang warga berusia 51 tahun di kota Yokohama.

"Saya akui dia membuang sampah setiap pagi, tapi dia tetap melakukannya saat hendak keluar rumah."

"Saya berharap dia berbuat lebih banyak, tapi setidaknya kami tidak berdebat soal pekerjaan rumah," katanya kepada This Week in Asia.

Suasana Shibuya Scramble Crossing, Tokyo, Jepang, di malam hari.

Photo :
  • Kemenag RI

Suami Hayashi bekerja berjam-jam dalam pekerjaannya di sebuah pabrik mobil besar, tapi dia menunjukkan bahwa dia juga memiliki dua pekerjaan paruh waktu untuk meningkatkan keuangan keluarga dan dia juga sering pulang ke rumah dalam keadaan lelah. Kemudian dia harus menyiapkan makan malam dan membereskannya.

"Di sisi positifnya, jika saya mengatakan kepadanya bahwa saya lelah setelah bekerja, dia selalu mengatakan kami harus pergi makan malam agar saya bisa libur," katanya.

Keluhan yang tercantum dalam studi Shufu Job Shoken berkisar dari yang sangat spesifik - "dia tidak membuka gulungan kaus kakinya dan meninggalkannya di lantai alih-alih memasukkannya ke dalam mesin cuci" - hingga tuduhan yang lebih umum, seperti tidak merapikan atau mengabaikan tugas mengasuh anak.

Beberapa perempuan mengatakan bahwa suami mereka "kurang sadar" akan pekerjaan rumah tangga yang perlu dilakukan, yang berarti bahwa tugas-tugas tersebut terabaikan sampai istri mereka turun tangan. Sumber perselisihan lainnya adalah laki-laki yang gagal memenuhi standar istri mereka.

Sumia Kawakami, pengajar di Universitas Yamanashi Gakuin yang berfokus pada isu perempuan dan gender, mengatakan ada perubahan bertahap dalam sikap keluarga di Jepang dan pasangan dari generasi muda kini lebih baik dalam berbagi tanggung jawab di rumah.

"Di masa lalu, perempuan biasanya berada di 'jalur karier' atau 'jalur mumi' dan mereka yang memprioritaskan keluarga dibandingkan karier mendapati diri mereka bekerja di rumah dan membesarkan anak-anak," katanya

"Tapi saya optimis hal itu akan berubah," tambahnya. "Saya melihat para remaja putra berbuat lebih banyak di rumah dan menjemput anak-anak dari taman kanak-kanak, hal yang tidak akan terjadi beberapa tahun yang lalu.

Menurutnya perbedaan sikap tidak hanya terjadi berdasarkan generasi, namun jumlah uang yang diperoleh pasangan juga penting.

"Orang-orang dengan pekerjaan bergaji tinggi mampu mengambil cuti, namun ada banyak orang yang terjebak dalam posisi bergaji rendah dan pulang dari satu pekerjaan dan harus segera melanjutkan ke pekerjaan berikutnya. Orang-orang ini sering kali tidak punya waktu atau tenaga untuk melakukan pekerjaan rumah.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya