10 Badai Paling Merusak dalam Sejarah, Ada yang Menyebabkan 2.000 Orang Tewas

Ilustrasi badai.
Sumber :
  • NOAA

Jakarta – Badai mengancam Amerika sepanjang seketika mengingatan kita, namun kerugian finansial yang disebabkan oleh badai tersebut semakin meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Kehancuran akibat Badai Harvey (2017) dan Katrina (2005) mencapai $250 miliar, menyebabkan 2.000 orang tewas dan jutaan orang kehilangan tempat tinggal.

Di bawah ini adalah daftar sepuluh badai paling merusak dalam sejarah AS. Badai-badai yang ada dalam daftar menggambarkan parahnya kerusakan yang diakibatkan oleh sistem tersebut.

Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Dicekoki Inex dan Sabu

Badai California (Badai Hilary) 2023

Badai besar yang disebut Badai Hilary datang ke arah barat daya AS. Badai ini sangat kuat dan dapat menyebabkan banjir yang jarang terjadi dan berbahaya. Para ahli di National Hurricane Center telah memberikan peringatan tentang badai ini , sesuatu yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya di California Selatan.

2 Pria yang Buat Remaja Perempuan 16 Tahun Tewas di Hotel Jaksel Terancam 20 Tahun Bui

Saat ini, Badai Hilary merupakan badai Kategori 4 yang sangat kuat. Mungkin akan sedikit lebih lemah, namun hujan masih akan membawa banyak hujan ke beberapa bagian California setelah melanda Meksiko. Bahkan setelah badai melemah, sisa badai dapat membawa angin kencang ke beberapa wilayah di California, seperti Los Angeles Basin. Informasi ini berasal dari Weather Channel.

Ilustrasi badai/topan.

Photo :
  • Freepik/Pixabay

10 Badai Paling Merusak dalam Sejarah AS

Badai Rita

Badai Atlantik paling hebat yang pernah tercatat dan siklon tropis paling hebat yang pernah diamati di Teluk Meksiko. Badai Rita pada tanggal 20 September, pada intensitas puncaknya, mencapai kecepatan angin 180 mph (285 km/jam). Terjadi segera setelah Badai Katrina, Rita sering dilupakan, namun badai ini menyebabkan kerugian sebesar $11,8 miliar dan 120 kematian di empat negara bagian AS.

Badai Charley

Itu adalah badai besar kedua pada musim badai Atlantik tahun 2004. Charley berlangsung dari 9 Agustus hingga 15 Agustus. Dan pada intensitas puncaknya, kecepatan angin mencapai 150 mph (240 km/jam), menjadikannya badai Kategori 4 yang kuat pada Skala Badai Saffir-Simpson. Badai tersebut mendarat di barat daya Florida dengan kekuatan maksimum, sehingga menjadikannya badai terkuat yang melanda Amerika Serikat sejak Badai Andrew melanda Florida dua belas tahun sebelumnya, pada tahun 1992. Badai ini menyebabkan kerugian hampir $16 miliar, dan menewaskan 15 orang secara langsung.

Badai Ike

Badai termahal ketiga yang pernah melanda Amerika Serikat, Badai Ike adalah badai kesembilan, badai kelima, dan badai besar ketiga pada musim badai Atlantik tahun 2008. Ike disalahkan atas sedikitnya 195 kematian. Karena ukurannya yang sangat besar, Ike menyebabkan kehancuran dari garis pantai Louisiana hingga wilayah Kenedy County dekat Corpus Christi, Texas. Ike menyebabkan banjir dan kerusakan parah di sepanjang garis pantai Mississippi dan Florida Panhandle. Kerusakan akibat Ike di wilayah pesisir dan pedalaman AS diperkirakan mencapai $29,5 miliar, dengan kerusakan tambahan sebesar $7,3 miliar di Kuba, $200 juta di Bahama, dan $500 juta di Turks dan Caicos, dengan total kerusakan setidaknya $37,5 miliar .

Badai Ivan

Badai ini merupakan badai besar dan berumur panjang yang mirip dengan badai Cape Verde yang menyebabkan kerusakan luas di Karibia dan Amerika Serikat. Badai yang lebih dahsyat terjadi pada badai besar tahun 2004. Ivan menewaskan lebih dari 100 orang dan menyebabkan kerugian sekitar $18 miliar di Amerika Serikat. Ini adalah badai kelima yang paling merugikan yang pernah melanda negara tersebut.

badai (foto ilustrasi)

Photo :
  • http://4.bp.blogspot.com

Badai Wilma

Ini adalah siklon tropis paling dahsyat yang pernah tercatat di cekungan Atlantik, dan badai paling merusak kedua pada musim 2005 yang memecahkan rekor. Badai yang sangat terlambat terjadi setelah Badai Katrina, Wilma menyebabkan beberapa kali pendaratan, dengan dampak paling merusak terasa di Semenanjung Yucatán di Meksiko, Kuba, dan negara bagian Florida di AS. Setidaknya 62 kematian dilaporkan, dan kerusakan diperkirakan mencapai $29,1 miliar, $20,6 miliar di antaranya terjadi di Amerika Serikat saja. Itu adalah badai paling dahsyat yang pernah terjadi di Atlantik.

Badai Andrew

Badai Andrew, pada saat terjadinya pada bulan Agustus 1992, merupakan badai yang paling merugikan dalam sejarah Amerika Serikat. Andrew meledak di Florida, menyebabkan kerugian sebesar $45 miliar, dan menewaskan lebih dari 65 orang.

Badai Sandy

Superstorm Sandy adalah badai paling merusak kedua dalam sejarah Amerika Serikat. Diklasifikasikan sebagai badai kedelapan belas, badai kesepuluh, dan badai besar kedua tahun 2012. Sandy adalah badai Kategori 3 dengan intensitas puncaknya ketika menghantam Kuba.

Meskipun merupakan badai Kategori 2 di lepas pantai Amerika Serikat bagian Timur Laut, badai tersebut menjadi badai Atlantik terbesar yang pernah tercatat (diukur berdasarkan diameter, dengan jangkauan angin sejauh 1.100 mil (1.800 km)). Badai Super Sandy menyebabkan kerugian lebih dari $68,7 miliar, jumlah total yang hanya dilampaui oleh Badai Katrina. Setidaknya 286 orang tewas di sepanjang jalur badai di tujuh negara.

Badai Harvey

Badai Harvey merupakan badai yang merusak dalam sejarah AS. Harvey adalah badai Kategori 4 yang menghancurkan yang melanda Texas dan Louisiana pada bulan Agustus 2017. Badai ini bertahan di daratan selama berhari-hari sebagai badai tropis, menyebabkan hujan lebat dan menyebabkan bencana banjir di Houston dan daerah lainnya. Sedikitnya 82 orang tewas akibat badai tersebut.

NOAA memperkirakan Harvey menyebabkan kerugian sebesar $125 miliar, setara dengan Badai Katrina sebagai siklon tropis yang paling merugikan.

Badai Katrina

Salah satu badai paling mematikan dan paling merusak dalam sejarah AS. Di antara badai Atlantik yang tercatat , badai ini merupakan badai terkuat keenam secara keseluruhan. Katrina masih menjadi badai yang menjadi penilaian semua orang, menyebabkan kerugian lebih dari $125 miliar. Setidaknya 2.000 orang tewas akibat badai dan banjir berikutnya. Menjadikannya badai paling mematikan di AS sejak badai Okeechobee tahun 1928. Dan jutaan orang terkena dampaknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya