Meningkatkan Budaya Pengambilan Keputusan Berbasis Data

Survei digital tSurvey.id.
Sumber :
  • Dok. Telkomsel

VIVA Tekno – Telkomsel berkolaborasi dengan Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan dalam memberikan layanan insight (data solutions) berbasis survei digital tSurvey.id dan Mobility Insight Telkomsel untuk menghitung dan menganalisa pergerakan lalu lintas pada periode libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 atau Nataru.

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Didukung oleh pemanfaatan solusi tSurvey.id dan Mobility Insight, Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan bersama Telkomsel selama periode 16 Desember 2023 sampai dengan 1 Januari 2024, mencatatkan terdapat 126 juta perjalanan mobilisasi masyarakat ke luar dan di dalam provinsi.

Selain itu, berdasarkan data Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan, total jumlah penumpang yang menggunakan moda angkutan umum yang meningkat sebesar 21 persen dibandingkan dengan Nataru tahun lalu.

Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional RI Jadi 17, Simak Daftarnya

Kemudian, jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol yang keluar wilayah Jabodetabek mengalami peningkatan sebanyak 10,9 persen. Sedangkan, jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol yang masuk Jabodetabek mengalami peningkatan 11,11 persen.

Platform survei digital tSurvey.id.

Photo :
  • Telkomsel
Heru Budi Apresiasi Kerja Sama Proyek MRT dengan Jepang, Nilainya Rp11 Triliun

Vice President Data Solutions Telkomsel Alfian Manullang berkomitmen untuk terus mendukung setiap individu hingga organisasi untuk dapat melakukan transformasi digital dengan pemanfaatan Telco Data insight yang andal dan akurat.

"Layanan data solutions ini dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan budaya pengambilan keputusan berbasis data yang well-informed, menuju data-driven nation. Kerja sama ini bentuk nyata kami mendukung pemerintah untuk pengembangan dan penyempurnaan tata kelola lalu lintas di Kementerian Perhubungan," kata dia di Jakarta, Senin, 15 Januari 2024.

Sementara itu, Kepala Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan Robby Kurniawan mengaku jika kolaborasi bersama Telkomsel akan membuka peluang baru dalam memahami dinamika transportasi dan mobilitas masyarakat secara lebih holistik, yang sangat penting dalam menyusun kebijakan yang efektif dan adaptif.

"Insight data yang diperoleh dari pemanfaatan layanan tSurvey.id dan Mobility Insight akan menjadi kontribusi berharga bagi Kementerian Perhubungan dalam merancang strategi transportasi yang lebih efisien dan berkelanjutan," ungkapnya.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia / Kemenhub RI

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya