Kecebong Ini Punya Kekuatan seperti Samson

Prince Rupert's Drops atau Tetesan Pangeran Rupert.
Sumber :
  • Medium

VIVA Tekno – Prince Rupert's Drops atau Tetesan Pangeran Rupert, juga dikenal dengan Rupert's Balls atau Dutch Tears, adalah objek kaca khusus yang memiliki sifat unik dalam hal kekuatan dan kerapuhan.

Gempa Bumi 6,5 SR Guncang Garut, Terasa Hingga Jabodetabek

Berdasarkan data yang diolah VIVA Tekno, objek ini dinamai setelah Pangeran Rupert dari Rhine, Jerman, yang pertama kali membawanya ke Inggris pada abad ke-17.

Benda transparan itu adalah kaca berbentuk seperti kecebong kecil tanpa kaki, yang terbentuk dari cairan kaca yang dilelehkan, dan kemudian dicelupkan ke dalam air dingin.

5 Negara dengan Angkatan Udara Terkuat di Dunia Tahun 2024, Indonesia Gak Termasuk?

Proses ini menghasilkan bentuk yang sangat unik. Tetes kaca yang baru terbentuk memiliki bagian kepala yang tebal dan transparan serta bagian ekor yang panjang dan tipis. Mirip kecebong.

Struktur tersebut adalah hasil dari cepat mendinginnya permukaan tetes kaca ketika bersentuhan dengan air, sementara bagian dalamnya tetap dalam keadaan panas.

Negara-negara dengan Jumlah Kapal Militer dan Kapal Selam Terbanyak di Dunia, Indonesia Top 6

Seiring bagian dalam tetes kaca mendingin dan menyusut, sifat mekanik dan termal bahan berubah secara dramatis. Prince Rupert's Drops memiliki kekuatan permukaan yang luar biasa.

Bagian kepala dari tetes kaca ini sangat kuat dan tahan terhadap tekanan eksternal. Bahkan, benda ini dapat menahan pukulan keras tanpa pecah.

Meski begitu, pada bagian ekornya justru sangat rapuh. Sekali ekor ini rusak atau pecah, seluruh tetes kaca akan hancur menjadi butiran halus.

Omong-omong bicara Prince Rupert's Drops, seperti teringat kisah Samson. Ia ada pria super kuat, namun punya titik kelemahan pada rambutnya. Ketika rambut Samson digunting maka seketika kekuatan supernya lenyap.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya