Pakar Rehab Medik Jelaskan Cara Atasi Rematik

Ilustrasi nyeri sendi.
Sumber :
  • Pixabay/ Andersonvr

VIVA – Rematik atau rheumatoid arthritis adalah penyakit yang menyebabkan radang, dan kemudian mengakibatkan rasa nyeri, kaku, dan bengkak pada sendi. 

Mandi Malam Hari Diklaim Menyebabkan Rematik, Mitos atau Fakta?

Dilansir WebMD, penyakit ini disebabkan oleh gangguan autoimun. Yang paling sering terkena yaitu tangan, pergelangan tangan, kaki dan lutut. Yang lebih jarang terkena yaitu bagian tubuh lain, seperti paru-paru, mata, jantung, pembuluh darah, kulit dan saraf.

Rematik dapat memengaruhi kemampuan untuk melakukan aktivitas harian seperti menulis, membuka botol, memakai baju, dan membawa barang. Arthritis yang mengenai pinggul, lutut atau kaki dapat membuat sulit berjalan, membungkuk, atau berdiri. 

Sederet Penyebab Rheumatik yang Sering Diabaikan, Kalian Wajib Tahu

Lalu bagaimana agar terhindar dari rematik? apakah makanan sebagai salah satu pemicunya? Spesialis Rehab Medik, dr Yuli Suciati, Sp.KFR akan menjelaskannya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT di tvOne Rabu 29 Agustus 2018.

Dipandu host dr Vito Damay, SpJP(K), M.Kes, FIHA, FICA dan dr Sheila Salsabila, BMedSc, AHS juga akan tayang live streaming pukul 13.00-14.00 WIB di laman ini. 

Penyebab Rematik di Usia Muda, Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya
Ilustrasi sakit rematik.

4 Penyebab Rematik di Usia Muda, Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya

Rematik terjadi ketika otot atau persendian mengalami peradangan dan juga pembengkakan. Umumnya rematik terjadi di usia paruh baya, namun anak muda bisa juga terjangkit.

img_title
VIVA.co.id
28 November 2023