Sering Sauna Sebabkan Pria Tak Subur

Ilustrasi Sperma
Sumber :
  • Pixabay/ TBIT

VIVA – Kesuburan para pria sangat dipengaruhi oleh pola hidup yang dijalani. Siapa sangka, pria yang terlalu rutin sauna, bisa membuat kesuburannya menurun drastis.

10 Pengobatan Rumahan Alami dan Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Sperma Pria

Perubahan pola hidup sangat besar perannya bagi produksi sperma dalam tubuh pria. Seperti saat melakukan sauna, di mana banyak pria beranggapan bahwa hal tersebut baik bagi kesehatan.

"Daerah buah zakar merupakan pabrik pembuatan sperma. Di tempat itu, tidak boleh ada suhu panas sama sekali, apalagi dari suhu panas sauna," ujar spesialis kandungan, Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K), dalam temu media, di kawasan Cikini, Jakarta, Kamis 30 Agustus 2018.

Makan Daging Merah Bantu Tambah Kesuburan Pasangan?

Itu sebabnya, area testis pria diciptakan menggantung di bawah perut. Dilanjutkan Wiko, hal ini membuatnya memiliki suhu lebih dingin agar bisa memproduksi sperma dengan baik.

"Kalau ada aliran panas di pabrik sperma, akan menganggu materi genetik dari sperma yang diproduksi. Ini bahaya untuk laki-laki yang belum memiliki keturunan," kata dia.

Masa Depan Kaum Adam Terancam Gelap

Wiko menjelaskan, sauna diperbolehkan pada pria yang memang sudah terbukti subur. "Kalau dia sudah punya anak, bahkan sampai tiga, ya boleh saja sauna," terangnya.

Tak hanya itu, Wiko juga menyarankan bagi pria yang sulit mendapatkan keturunan agar menghindari pemakaian pakaian dalam ketat. Sebab, dampaknya sama seperti sauna, yang bisa menganggu proses pembuatan sperma di tubuh.

Disarankan juga untuk mengonsumsi makanan tinggi vitamin D serta antioksidan. Keduanya merupakan sumber yang baik untuk menstimulasi tubuh memproduksi sperma dengan kualitas yang baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya