Mata Terlalu Sering Berkedip, Apakah Normal?

Ilustrasi mata
Sumber :
  • Pixabay/Adina Voicu

VIVA – Mata berkedip merupakan refleks tubuh yang normal untuk mencegah mata kering, melindungi mata dari cahaya yang terlalu terang, mencegah benda asing masuk ke mata, mengatur air mata, sekaligus membuat mata tetap sehat karena dengan berkedip, sekaligus membersihkan permukaan bola mata. Lalu, bagaimana jika refleks berkedip itu terlalu sering? Kira-kira apa penyebabnya ya?

Manusia Bisa Berkomunikasi sama Kucing Hanya Lewat Kedipan Mata

Dikutip dari aapos, sesuai perkembangan usia, bayi akan berkedip sebanyak 2 kali dalam 1 menit. Saat beranjak remaja, jumlah kedipan akan lebih sering menjadi 14 hingga 17 kali kedipan per menit dan hal ini akan menetap hingga orang itu menua nanti.

Ada beberapa orang yang memiliki kondisi mata berkedip lebih sering dari biasanya. Kedipan yang berlebih kadang melibatkan 1 saja atau 2 mata sekaligus. Beberapa orang juga mengalami mata yang sering berkedip dibarengi dengan gerakan lainnya (tics) di wajah, kepala atau leher.

Studi: Manusia Ternyata Bisa Berkomunikasi dengan Kucing Hanya dengan Kedipan Mata

BACA SELENGKAPNYA

Ilustrasi kedutan pada mata.

Berapa Kali Mata Manusia Berkedip dalam Sehari?

Dalam sehari-harinya tentu mata manusia akan berkedip. Berkedip sendiri sangat penting untuk kesehatan mata yang dapat membantu mata supaya tetap lembab dan teroksigenasi

img_title
VIVA.co.id
6 Januari 2023