Orthorexia, Saat Seseorang Terobsesi Makanan Sehat

Ilustrasi makan.
Sumber :
  • Pixabay/ rawpixel

VIVA – Salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi tentunya. Namun, jika kebiasaan mengonsumsi makanan sehat ini sudah berubah menjadi suatu obsesi yang tidak terkendali seperti yang dikenal dengan kondisi orthorexia, apakah iya jika hal tersebut masih baik untuk dilakukan?

5 Khasiat Hebat Bawang Merah, Obati Jerawat hingga Cegah Kanker

The National Eating Dissorder Association, sebuah perkumpulan yang berfokus pada gangguan makan di Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa kondisi orthorexia sebenarnya mirip dengan anorexia nervosa dan bulimia. Yang berbeda adalah penderita orthorexia tidak menargetkan jumlah asupan makanan yang mereka konsumsi, melainkan membatasi makanan dari segi kualitas atau jenisnya.

Gangguan pola makan ini sebenarnya masih tergolong baru dalam beberapa tahun terakhir. Pengidap orthorexia memiliki pemikiran sendiri, di mana ia akan menciptakan pola makan yang sempurna dengan hanya mengonsumsi makanan yang dianggap sehat, khususnya sayur dan buah, serta cenderung menghindari beberapa jenis makanan berikut.

Jangan Salah, Udara Dingin Juga Menyehatkan

BACA SELENGKAPNYA

Ilustrasi wanita cantik.

Awas, Olahraga Berlebih Bisa Ancam Nyawa

Batasi olahraga maksimal 20 jam selama seminggu.

img_title
VIVA.co.id
4 Desember 2018