Penyakit Kutil Kelamin Apakah Bisa Jadi Kanker Serviks?

Kasus kanker serviks masih menjadi penyebab kematian tertinggi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Anda pasti pernah mendengar penyakit kutil, yaitu pertumbuhan jaringan tidak normal di permukaan kulit. Dulu beredar mitos bahwa penyebab kutil adalah percikan darah ayam yang menempel di kulit dan tidak dibersihkan. Tentu saja itu tidak benar. Penyebab tumbuhnya kutil adalah infeksi Human Pappiloma Virus (HPV). Ya benar HPV, virus yang selama ini dikenal sebagai penyebab kanker serviks.

Perdarahan Usai Bercinta, Awas Gejala Kanker Mengintai

Virus HPV itu jenisnya banyak, kurang lebih ada 100 tipe. Beberapa tipe menyebabkan kanker serviks dan beberapa tipe yang tidak bersifat onkogenik menyebabkan pertumbuhan kutil. Jika Kamu pernah mengikuti kisah almarhum Dede Manusia Akar, sekujur tubuh dan wajahnya ditumbuhi kutil yang disebabkan oleh HPV.

Lantas bagaimana jika kutil tumbuh di area genital atau sering disebut kutil kelamin? Apakah sama berbahayanya dengan kanker serviks yang mematikan, mengingat penyebabnya sama? Agar tidak salah informasi, berikut penjelasannya.

Rutin Berhubungan Seks, Pakar Sarankan Pap Smear

Kutil tidak hanya tumbuh di bagian tubuh yang terlihat, seperti tangan, jari, punggung, atau kaki, melainkan juga bisa tumbuh di alat kelamin pria maupun wanita. Karena itu disebut kutil kelamin (genital wart). Beberapa kutil dapat tumbuh berkelompok, sehingga berukuran cukup besar. Kondisi inilah yang sering disebut 'penyakit jengger ayam' oleh masyarakat awam.

BACA SELENGKAPNYA

Australia Bertekad Jadi Negara Bebas Kanker Serviks di 2035
Ilustrasi Kanker

Ini Jenis Kanker yang Paling Bisa Dicegah dan Disembuhkan

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 2018, kanker serviks merupakan kasus dengan kematian yang tertinggi untuk Prevalensi Kanker pada wanita.

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022