Seberapa Ampuh Obat Herbal Tangani Kolesterol?

Ilustrasi ramuan herbal.
Sumber :
  • Pexels/Nikolay Osmachko

VIVA – Kolesterol tinggi diidap oleh masyarakat di seluruh dunia. Permasalah kolesterol tinggi kerap kali menjadi momok menakutkan namun sulit diatasi.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Tak jarang, pengidap kolesterol tinggi memiliki pantangan makanan tertentu yang tak bisa dikonsumsi. Sehingga, pencegahannya cenderung hanya pada pola hidup. Lantas, bagaimana dengan keefektifan konsumsi dari obat herbal?

Para peneliti dari Clinical Research Support Unit (CRSU) Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia melakukan riset terhadap 49 peserta selama 30 hari. Spesialis penyakit dalam dr Nafrialdi, PhD, SpPD, SpFK selaku peneliti utama menjelaskan, bahwa penelitian dilakukan dengan konsumsi dua kapsul suplemen herbal Nutrafor CHOL produksi PT Novell Pharmaceutical laboratories yang telah diuji klinis dua kali sehari selama 30 hari.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Terbukti, suplemen herbal tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol total sebesar 24mg/dL. Adapun kadar lemak jahat LDL juga menurun sebesar 22mg/dL dan trigliserida sebesar 9mg/dL. Dalam hal keamanan, Nutrafor CHOL terbukti dapat ditoleransi dengan baik

"Dari hasil ini kami menyimpulkan bahwa Nutrafor CHOL terbukti sangat efektif dalam menurunkan kolesterol LDL, tetapi tidak berpengaruh pada trigliserida," ujar dokter Nafrialdi pada temu media di Jakarta, Kamis 27 September 2018.

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Jangan Panik, Ini 5 Tips Menurunkannya

Nafrialdi menambahkan bahwa masyarakat tak bisa bergantung pada suplemen herbal ini saja. Melainkan, pola makan yang baik serta rutin menjalani aktivitas fisik harus dilakukan.

"Kalau kolesterol tinggi saya sarankan untuk ubah pola hidup. Tentunya suplemen herbal ini bisa membantu untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh," ujar Nafrialdi. (ren)

Kol goreng

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Kol goreng hidangan yang digemari banyak orang karena kelezatannya, ternyata menyimpan efek samping yang perlu diwaspadai jika dikonsumsi berlebihan, bisa memicu kanker.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024