Obat Kumur Bisa Picu Kanker Mulut, Mitos atau Fakta?

Obat kumur
Sumber :
  • Dokumentasi Ayo Hidup Sehat tvOne

VIVA – Penggunaan obat kumur semakin populer saat ini di masyarakat, terutama masyarakat perkotaan. Obat kumur umumnya adalah cairan antiseptik yang digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi, permukaan lidah dan gusi, serta mulut bagian belakang atau kerongkongan. 

Bau Mulut Bikin Rasa Percaya Diri Berkurang? Lakukan 5 Cara Alami Ini

Penggunaan sebagian obat kumur bertujuan untuk mengurangi bau mulut. Sebagian obat kumur lainnya ditujukan untuk berfungsi layaknya air liur, yaitu menjaga mulut tetap lembap dan menetralkan zat asam.

Rata-rata obat kumur mengandung zat antimikrobial, antiseptik, flouride, peroksida hingga bermacam macam zat perisa untuk memberikan aroma unik seperti rasa buah atau mint. 

Hilangkan Bau Mulut Saat Puasa, Begini Cara Pilih Obat Kumur yang Baik

Tapi banyak rumor  yang beredar luas di masyarakat yang mengatakan bahwa penggunaan obat kumur secara rutin justru bisa menimbulkan kanker mulut, benarkah?

Spesialis gigi drg Theodorus Hedwin Kadrianto akan membahasnya dalam tayangan AYO HIDUP SEHAT (AHS) di tvOne Kamis 11 Oktober 2018 live pukul 13.00-14.00. Jika Anda tak sempat menyaksikannya di layar kaca, AHS juga akan tayang live streaming di laman ini. 

Gigi Kuning Bikin Gak Pede, Begini Cara Memutihkannya
Wanita pakai obat kumur.

Hempas Bau Mulut dengan Obat Kumur, Begini Cara Pakainya Agar Wangi Seharian

Obat kumur yang mengandung fluoride juga dapat memperkuat enamel dan mencegah gigi berlubang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ketahuilah bagaimana penggunaannya.

img_title
VIVA.co.id
12 Januari 2024