Pasien Cuci Darah Miliki Harapan Hidup Lebih Rendah, Benarkah?

Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) mendata kantong darah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA – Penyakit ginjal kronis merupakan salah satu masalah kesehatan global. Pada tahap akhir ginjal bisa berhenti berfungsi secara normal sehingga cairan ataupun racun yang seharusnya dinetralisir oleh ginjal mulai menumpuk di dalam tubuh. Kondisi tidak berfungsinya ginjal ini dikenal dengan gagal ginjal.

Suplemen Jepang Diduga Picu Masalah Ginjal dan Kematian, Telah Dipasarkan ke Sejumlah Negara

Pasien gagal ginjal memiliki dua pilihan, transplantasi ginjal atau hemodialisa. Bagi mereka yang menjalani hemodialisa atau cuci darah, seringkali ada sebuah anggapan yang mengatakan bahwa memiliki harapan hidup yang tidak lama lagi. Tapi benarkah hal tersebut?

Spesialis penyakit dalam dr. Okki Ramadian Sp.PD dari Klinik Hemodialisa RenalTeam menyangkal hal tersebut. Menurutnya anggapan itu tidaklah benar.

5 Tewas dan Lainnya Dilaporkan Gagal Ginjal Diduga Usai Konsumsi Suplemen Buatan Perusahaan Jepang

"Mitos itu tidak betul, ini terapi pengganti ginjal, orang yang tadinya fungsi ginjal di bawah 15 persen waktu di encourage menjalani hemodialisa sebagian besar nyaman senang," ujarnya kepada VIVA di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan. 

Hal ini pun juga diungkapkan oleh Rita, pasien yang telah mengalami gagal ginjal kronis dan telah menjalani perawatan Hemodialisa selama 6 tahun. Setelah menjalani hemodialisa ia justru merasa lebih baik dalam  menjalani hidup.

Kemenkes Khawatir Pembiayaan Penyakit Ginjal Meningkat Karena Hal Ini

"Kenyataannya saya sudah hampir 6 tahun cuci darah. setiap perawatan justru lebih segar dan merasa lebih nyaman," kata Rita. 

Okki sendiri juga mengungkapkan, bahwa dalam beberapa kasus memang mengalami gangguan seperti demam. Namun presentasi itu masih sangat kecil dan bisa diminimalisir salah satunya dengan penerapan water system pada perawatan hemodialisa. 

"Yang perlu diperhatikan sebelum hemodialisa dan selama menjalani juga harus dijaga gaya hidup serta pola makannya," kata Okki.(tp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya