Jangan Sepelekan Tanda Ini, Bisa Jadi Gejala Kanker Penis

Ilustrasi pria/laki-laki.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA – Meski banyak pria memahami gejala prostat dan kanker testis namun tidak banyak yang memiliki pemahaman tentang kanker penis.

Pakar Ungkap Pria Harus 21 Kali Ejakulasi dalam Sebulan, Kenapa?

Sebuah survei menyebutkan bahwa Pria yang tidak disunat, memiliki riwayat kutil penis yang terkait dengan HPV virus dan berujung pada kanker penis.

Studi tersebut juga mengungkap bahwa hampir 47 persen pria dengan kanker penis juga memiliki infeksi HPV. Penyakit ini paling sering terjadi pada pria berusia di atas 60.

Waktu Ideal untuk Kencing Setiap Hari, Laki-laki Harus Tahu Agar Prostat Tetap Sehat

Seperti halnya semua jenis kanker, kanker penis lebih mudah diobati jika diketahui sejak awal. Saat ini 68 persen pria selamat dari kanker penis karena telah terdeteksi dari gejalanya. Dilansir laman dailystar, berikut ini gejala kanker penis yang wajib Anda ketahui.

Perubahan kulit pada penis

Baru Saja Didiagnosis Kanker, Ini Riwayat Kesehatan dan Penyakit Raja Charles III

Ahli urologi James Wysock, M.D. mengungkapkan tanda awal paling umum dari kanker penis. Dilansir dari Daily Star ia mengatakan gejala yang paling umum adalah perubahan kulit pada penis.

"Meskipun mereka biasanya muncul sebagai kutil, tumor penis juga biasanya muncul dengan tanda kemerahan tepat di kepala penis, atau di sepanjang batang dan kulup," kata dia. 

Meski demikian bekas merah itu relatif tidak memicu nyeri ketika disentuh. Ruam pada kanker penis juga terkadang mirip tanda alergi.

"Ini mungkin memiliki ketegasan untuk disentuh dan relatif tidak nyeri penyakit menular seksual seperti herpes," ujarnya.

Jika penyakitnya lebih parah, itu bisa menyebabkan penyumbatan saluran kemih atau penyebaran metastasis ke kelenjar getah bening dan selangkangan.

Ia juga melanjutkan, bahwa gejala lainnya bisa berupa, feses berbau busuk, pembengkakan di ujung penis, pendarahan dari penis atau dari bawah kulup, penebalan kulit penis atau kulup yang membuat sulit untuk menarik kembali kulup (phimosis)dan pertumbuhan atau sakit pada penis yang tidak sembuh dalam waktu empat minggu. 

Jika semua tanda itu sudah muncul sebaiknya langsung segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan.(tp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya