Terkuak 6 Manfaat Labu Siam, Cegah Sembelit hingga Anemia

Labu siam
Sumber :
  • allaura.wordpress.com

VIVA – Labu siam, salah satu jenis sayur yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Sayuran ini dapat langsung dinikmati dengan cara direbus bersama kulitnya.

7 Manfaat dan Nutrisi Labu Siam, Serta Cara Memasaknya Agar Tetap Sehat

Banyak masyarakat meyakini konsumsi labu siam dapat menurunkan kadar kolesterol, baik untuk dikonsumsi oleh penderita anemia, mencegah kanker, dan aman dikonsumsi bagi penderita asam urat, benarkah?

Untuk itu, berikut enam manfaat baik labu siam menurut paparan spesialis gizi klinis, dr Diana Suganda, M.Kes, SpGK dalam program AYO HIDUP SEHAT di tvOne, Senin 3 Desember 2018.

5 Resep Tumis Labu Siam yang Lezat, Bantu Keluarga Makan Lebih Lahap

1. Antioksidan tinggi

Ini merupakan fakta. Kandungan antioksidan labu siam sangat tinggi. Namun, proses pengolahan harus tepat untuk mencegah menghilangnya kandungan baik labu siam.

Khasiat Labu Siam, Sayur dengan Banyak Manfaat

Agar vitamin dan mineralnya tidak hilang, disarankan proses pengolahan dengan ditumis bersama sedikit minyak dan jangan sampai layu. Boleh juga dengan direbus dan tidak sampai lembut sekali, lalu tiriskan dan siram dengan air dingin agar proses pemanasannya berhenti.

2. Baik untuk ibu hamil

Banyak mitos beredar, labu siam yang dikonsumsi ibu hamil bisa menyebabkan keputihan dan gatal. Hal ini, menurut Diana tidak ada bukti ilmiahnya. Diana justru menyarankan agar labu siam dikonsumsi karena memiliki serat sebesar 3 gram dari buah seberat 100 gram. Labu siam juga terbukti dapat mencegah sembelit pada ibu hamil. Sebaiknya juga dikonsumsi bersama kulitnya agar kandungan baiknya bisa maksimal.

3. Jaga kolesterol

Faktanya, semua sayuran memang tidak mengandung kolesterol. Terlebih, pengidap kolesterol tinggi memang disarankan konsumsi makanan serat tinggi seperti labu siam. Namun, pengolahannya lebih baik hanya direbus dan tidak dicampur santan.

4. Jaga kulit tetap awet muda

Kandungan vitamin C pada labu siam sangat tinggi yaitu sekitar 45-50 miligram. Sementara, kebutuhan vitamin C untuk tubuh yaitu 90 miligram per hari. Dengan begitu, labu siam bisa menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.

5.  Anemia bisa diatasi

Sama halnya dengan vitamin C, kandungan zat besi di dalam labu siam juga tinggi. Meski kandungan zat besi lebih tinggi dari protein hewani, namun satu buah labu siam berukuran sedang bisa memberikan zat besi yang dibutuhkan tubuh.

6. Turunkan berat badan

Dalam satu buah labu siam berukuran sedang, terdapat 50 sampai 70 kalori. Dengan ukuran kalori yang rendah, maka mengonsumsi setengah buah labu siam sudah mampu menjaga berat badan tetap ideal, asal sumber makanan lainnya tetap dipenuhi dan dikontrol dengan tepat. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya