Pasca Tsunami Selat Sunda, Menkes Ingatkan Tetap Jaga Lingkungan

Kemenkes RI
Sumber :
  • Viva.co.id/Diza Liane

VIVA – Menteri Kesehatan (Menkes) RI Nila Moeloek ingatkan warga terdampak tsunami di Banten agar juga tetap memperhatikan kesehatan lingkungan. Hal ini penting agar tidak memperburuk keadaan masing-masing warga.

Ganjar: Jika Masih Pakai Energi Fosil, Tinggal Tunggu Kerusakan Lingkungan

"Kita cegah agar tidak terjadi penyakit yang bersumber dari lingkungan," ucap Menkes dalam siaran pers yang diterima VIVA, Rabu 26 Desember 2018. 

Nila menjelaskan, dampak tsunami tidak hanya terjadi langsung kepada manusia. Melainkan juga kerusakan dan pencemaran lingkungan. 

Ketum Hanura OSO Dukung Jokowi Ekspor Pasir Laut, Begini Penjelasannya

"Lingkungan menjadi tidak sehat dan menjadi sumber penyakit yang akan menyerang manusia," kata Menkes. 

Karena itu, pada pelaksanaannya yang pertama dilakukan evakuasi korban meninggal karena ini akan membawa dampak kepada lingkungan jika lama dibiarkan. Bagi korban terluka harus segera diobati. Selanjutnya dilakukan pembersihan lingkungan seperti penyemprotan desinfektan, dan pemasangan alat penjernih air untuk digunakan warga.

Majelis Lingkungan Hidup PP Muhammadiyah Buat Forum Dewan Pakar, Antisipasi Perubahan Iklim

"Satu lagi yang penting buat pengungsi, kami sediakan biskuit yang tinggi protein bisa diberikan pada anak-anak balita, anak sekolah, dan ibu-ibu hamil," kata Menkes.(rna)

Mahfud MD Debat Keempat Calon Wakil Presiden Pemilu 2024

Mahfud MD: Saya Tidak Melihat Pemerintah Lakukan Langkah-langkah Menjaga Kelestarian Lingkungan

Mahfud MD menjelaskan tentang kerusakan lingkungan yang terjadi karena adanya ulah dari manusia itu juga. Mahfud menyebut, petani harus berjaya dan nelayan juga demikian.

img_title
VIVA.co.id
21 Januari 2024