Waspada, Sering Begadang Picu Penyakit Berbahaya

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Pada umumnya tubuh manusia sudah ditentukan dengan jam biologis untuk beristirahat saat malam hari dengan tidur dan saat siang hari akan beraktivitas. Namun, hal tersebut seringnya diabaikan akibat kesibukan yang padat dan malah membuat tubuh harus tidur larut atau bahkan dini hari.

Ngeri! Dampak Buruk Begadang bagi Kesehatan, Berisiko Kematian

Kebiasaan begadang (terjaga tidak tidur pada malam hari) seseorang diharuskan mengganti waktu tidur meskipun saat siang hari dengan durasi normal enam hingga delapan jam. Apabila jam biologis berubah, akan lebih sulit untuk mengembalikan jam biologis ke kondisi normal seperti semula.

Dengan jam biologis yang berubah seseorang rentan terserang penyakit seperti diabetes, darah tinggi, stres dan gagal jantung. Lantas, apa saja dampak buruk dari begadang?

Waspada Bagi yang Suka Begadang, Insomnia Tingkatkan Risiko Stroke di Usia Muda

Detail mengenai bahaya begadang pada kesehatan tubuh akan dibahas oleh spesialis penyakit dalam dr Wismandari Wisnu SpPD-KEMD,FINASIM dalam acara AYO HIDUP SEHAT di tvOne pada Kamis 27 Des 2018 pukul 13.00-14.00 WIB.

Adapun pembahasan lain terkait sirih merah. Daun Sirih Merah merupakan tumbuhan merambat yang ditanam orang karena khasiat pengobatan dan juga keindahan daunnya.

Begadang Bisa Tingkatkan Risiko Serangan Jantung? Begini Penjelasan Ahlinya

Tumbuhan ini masih berkerabat dekat dengan sirih maupun lada. Nama ilmiah tumbuhan asal Sulawesi ini adalah Piper ornatum. Daun sirih merah diyakini masyarakat dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti  diabetes militus, hepatitis, asam urat, batu ginjal, menurunkan kolestrol, mencegah strok, keputihan, radang prostat, radang mata, maag, kelelahan, nyeri sendi, dan memperhalus kulit. Benarkah daun sirih memiliki khasiat yang begitu banyak tersebut?

Jika Anda tak sempat saksikan di layar kaca, AHS juga akan tayang livestreaming di laman ini. (ben)

Minuman berenergi.

Sering Minum Energi Drink? Awas, Gagal Ginjal Mengintai!

Tak jarang mereka yang terjaga di malam hari, memilih untuk mengkonsumsi energi drink atau minuman berenergi agar tetap segar sepanjang malam.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024