Waspada Krim Pemutih Instan dengan Kandungan Steroid

ilustrasi Krim wajah
Sumber :
  • Pixabay/Andreas

VIVA – Banyaknya penjualan kosmetik melalui media online membuat siapa pun bisa bebas membelinya. Bahkan klaim produk yang bisa membuat kulit menjadi halus dan putih dengan cepat membuat pembeli tergoda tanpa memastikan keamanan kandungannya.

Waspada, Obat Steroid Ternyata Bisa Picu Katarak Hingga Kebutaan

Dr. Sari Chairunnisa, SpKK mengatakan, bahaya menggunakan kosmetik dengan bahan tidak aman dapat menimbulkan ketidaknyamanan seperti timbul stretchmark. Sekarang ini, melalui platform online banyak dijual produk yang menggunakan steroid, padahal penggunaan steroid harus dengan resep dokter.

"Steroid adalah krim antiradang yang punya efek hipopigmentasi atau putih," ujar Sari kepada VIVA, beberapa waktu lalu.

Dituduh Pakai Steroids Untuk Perannya di Wolverine, Hugh Jackman Tanggapi Dengan Santai

Steroid ini kebanyakan dijadikan losion pemutih yang banyak dijual bebas. Sari menjelaskan, efek jangka panjang steroid tanpa pengawasan dokter bisa terserap secara sistemik ke dalam tubuh. Akhirnya, bisa muncul rambut halus atau efek kebalikannya, yaitu kulit kehitaman.

Selain itu, bisa juga muncul stretchmark hingga penambahan berat badan. Steroid, menurut riset dalam 1-2 tahun terakhir, seharusnya digunakan untuk penyakit. Namun, kini disalahgunakan untuk krim kecantikan. Merek yang banyak beredar menurut Sari adalah Dermofed. (ldp)

Studi Baru: Obat Penghilang Rasa Sakit Ternyata Bisa Lebih Berbahaya
Lokasi Jerawat

Kenali Jerawat Steroid, Cara Mencegah Hingga Mengatasinya

Penggunaan steroid dalam produk perawatan kulit memang memiliki efek samping. Beberapa di antaranya adalah telangiektasis atau pembuluh darah yang terlihat bahkan jerawat

img_title
VIVA.co.id
12 Oktober 2023