Mau Nikah Kayak Syahrini? Periksa Kesehatan Pranikah Dulu

Ilustrasi pernikahan.
Sumber :
  • Pexels/Pixabay

VIVA – Artis Syahrini dikabarkan resmi menjadi istri pengusaha Reino Barrack, lewat akad nikah yang digelar di Masjid Camii, Tokyo, Jepang, Rabu, 27 Februari 2019. Kabar ini sejak beberapa hari lalu ramai diperbincangkan di media sosial.

Minum Kunyit Ampuh Tingkatkan Kualitas Sperma, Ini Faktanya

Tapi dari segala keriuhan yang ada, jarang sekali yang menguak apakah Syahrini dan Reino telah melakukan tes kesehatan sebelum menikah. Padahal tes kesehatan sebelum pernikahan atau juga biasa dikenal dengan pre-marital screening penting untuk mencegah permasalahan kesehatan pada diri sendiri, pasangan, maupun keturunan ke depannya.

Lalu, apa saja tahapan dalam melakukan pre-marital screening? Menurut situs resmi Kementerian Kesehatan RI, ada empat tahapan yang harus dilalui. Berikut ini di antaranya.

Tips Jaga Kesehatan Reproduksi bagi Perempuan

1. Pemeriksaan fisik secara lengkap

Pemeriksaan pranikah yang pertama terdiri atas pemeriksaan umum, yakni uji pemeriksaan fisik secara lengkap. Hal ini dilakukan karena umumnya status kesehatan dapat dilihat lewat tekanan darah. Umumnya, tekanan darah tinggi dapat berbahaya bagi kandungan sebab membuat tumbuh kembang janin dalam kandungan terhambat.

Peringati Hari Kemerdekaan, Check Up di Prodia Cuma Bayar 76%

Selain itu, pemeriksaan pranikah juga dapat mengetahui apakah pasangan tersebut mempunyai beberapa riwayat penyakit atau tidak, misalnya diabetes.

2. Pemeriksaan penyakit hereditas

Penyakit hereditas biasanya diturunkan dari kedua orangtua, misalnya gangguan kelainan darah yang membuat penderitanya tidak bisa memproduksi hemoglobin (sel darah merah) secara normal.

3. Pemeriksaan penyakit menular

Pemeriksaan yang ketiga, meliputi pemeriksaan terhadap penyakit menular, di antaranya hepatitis B, hepatitis C, dan HIV-AIDS. Pemeriksaan tersebut penting sekali dilakukan, mengingat penyakit-penyakit menular tersebut sangat berbahaya dan mengancam jiwa.

4. Pemeriksaan organ reproduksi

Pemeriksaan ini berkaitan dengan kesuburan serta organ reproduksi untuk pria maupun wanita. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memeriksa kondisi kesehatan organ reproduksi diri sendiri dan pasangan.

5. Pemeriksaan alergi

Walaupun seringkali dianggap sepele, melakukan pemeriksaan alergi sangatlah penting karena alergi yang tidak disadari dari awal dan tidak ditangani dengan tepat dapat berakibat fatal. (rna)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya