Debat Cawapres, Sandi Janjikan Pasien BPJS Tak Menunggu Berjam-jam

Debat Ketiga Cawapres Pilpres 2019, Sandiaga Uno
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Debat putaran 3 calon wakil presiden yaitu Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno beradu pandangan dalam debat calon wakil presiden di Pilpres 2019, pada Minggu 17 Maret 2019.

Pasien Imunodefisiensi Primer Minta Pemerintah Masukkan Terapi IDP ke dalam Formularium Nasional

Pada topik kesehatan, panelis bertanya soal sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). "Masalah mendasar dalam sistem JKN adalah ketimpangan antara kualitas layanan tinggi namun dengan bayaran rendah. Apa strategi kalian agar masyarakat dapat pelayanan optimal?," ujar Presenter lewat siaran tvOne.

Menjawab hal itu, Cawapres nomer 2 Sandiaga Uno mengatakan dirinya akan mengatasi masalah BPJS selama 200 hari pertama, jika dirinya menjabat.

Informal Workers Receive Social Security Assistance from Radjak Hospital Salemba

"200 hari pertama kita akan atasi akar permasalahannya. Kami akan berikan layanan kesehatan prima, tenaga medis yang dibayar tepat waktu, jangan sampai layanan kesehatannya turun karena tidak dibayar tepat waktu," ujarnya.

Selain itu Sandi akan membenahi pola rujukan yang selama ini masih belum teratasi.

Tinjau RSUD Sibuhuan, Jokowi Pastikan Pelayanan Kesehatan Optimal

"Kami akan membenahi sistem rujukan, agar mereka (pasien) tidak menunggu berjam-jam karena sistem yang berbelit," ujarnya.

Tak hanya itu, Sandi juga akan mengupayakan tindakan promotif-preventif dengan melakukan olahraga 22 menit setiap hari.

"Saya melakukannya sendiri dengan olahraga 22 menit setiap hari akan memberikan dampak yang positif, dan sangat berdampak terhadap berkurangnya biaya kesehatan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya