5 Hal Ini Perlu Anda Tahu Agar Efek Sehat Olahraga Maksimal

Ilustrasi olahraga.
Sumber :
  • Pixabay/provideos

VIVA – Olahraga menjadi salah satu hal penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, untuk mendapat manfaat maksimal dari olahraga, harus dilakukan dengan cara yang tepat.

Tua-tua Keladi, Rahasia Bek Persija Tetap Garang di Usia Senja

Menurut Nutritionist Mury Kuswari, ada lima faktor yang perlu diperhatikan ketika memulai olahraga. Yaitu frekuensi, intensitas, waktu, jenis, dan enjoy.

"Menurut penelitian yang dilakukan Mury, frekuensi olahraga yang kurang dari tiga kali dalam seminggu akan kurang berdampak. Berdasarkan rekomendasi dari Departemen Kesehatan dan WHO, setidaknya 3-5 lima kali per minggu," ujar Mury dalam konferensi pers The New L-Men Of The Year 2019 di Tokopedia Tower, Jakarta, Rabu 27 Maret 2019.

Ini Arti Clean Label Menurut Dokter

Intensitas adalah seberapa berat latihannya. Bila sudah rutin berolahraga tapi tidak merasakan manfaat, kemungkinan olahraga yang dilakukan terlalu ringan. Atau, dalam sehari mencoba semua alat di gym, kemudian berhenti karena trauma badan yang sakit. Porsinya tidak tepat atau olahraga tidak dilakukan dengan benar sehingga mengakibatkan maltraining.

Waktu bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Semakin berat intensitasnya, semakin pendek waktunya. Jika olahraga yang dilakukan ringan, waktunya harus lebih panjang agar memberikan dampak.

Industri Kebugaran Beralih ke Online, Konsumen Startup Ini Naik 1.000%

Ketika berolahraga sebaiknya pilih jenis yang memang disukai. Jangan hanya ikut-ikutan tren atau orang lain karena olahraga inilah yang akan Anda lakukan seumur hidup.(nsa)

    
   

Ilustrasi olahraga.

Pentingnya Sport Clinic untuk Jaga Kebugaran Atlet Selama Kompetisi

Dengan perkembangan saat ini, Sport Clinic merupakan salah satu media bagi klub profesional untuk mengukur kebugaran atletnya selama kompetisi.

img_title
VIVA.co.id
6 Oktober 2021