Logo BBC

1 dari 5 Kematian Disebabkan Menu Makanan Tidak Sehat

Para peneliti mengatakan menu makanan yang kita konsumsi sehar-hari berdampak pada seberapa lama kita hidup. - Getty Images
Para peneliti mengatakan menu makanan yang kita konsumsi sehar-hari berdampak pada seberapa lama kita hidup. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Sebuah penelitian mengungkapkan, setiap tahun ada 11 juta orang mengalami kematian dini akibat makanan yang mereka santap.

Analisis yang dimuat di jurnal kesehatan Lancet itu menemukan bahwa menu makanan yang kita konsumsi sehari-hari menjadi pembunuh terbesar dibanding merokok, dan kini menjadi penyebab 1 dari 5 kematian di seluruh dunia.

Garam, baik yang terkandung di dalam roti, kecap asin atau berbagai makanan olahan menjadi penyebab tingginya kematian dini.

Para peneliti mengatakan penelitian ini bukan tentang obesitas, namun menu makanan yang "buruk" dan bisa merusak organ tubuh kita yakni hati dan menyebabkan kanker.

Menu makanan apa yang cocok untuk saya?

Global Burden of Disease Study adalah penelitian yang paling dipercaya untuk membahas tentang bagaimana orang-orang meninggal di setiap negara di dunia.

Analisis terbaru yang mereka lakukan adalah memperkirakan kebiasaan makan di berbagai negara untuk mengetahui seberapa besar menu makanan yang dikonsumsi bisa memperpendek umur.

Penyebab kematian utama lainnya yakni kurangnya mengonsumsi makanan jenis kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran dan omega-3 dari makanan laut dan serat.