Pencernaan Sehat Miliki Peran Penting bagi Kesehatan

Ilustrasi menunda makan atau puasa
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Belakangan ini, kesadaran masyarakat akan hidup sehat semakin tinggi. Hal ini seiring dengan meningkatnya penyakit tidak menular di masyarakat akibat pola hidup yang kurang baik. 

5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Menandakan Pencernaan Sehat

Bukan hanya olahraga saja, menjaga makanan juga menjadi penting dan kunci dari tubuh yang sehat. Diketahui bahwa pencernaan yang sehat merupakan ujung tombak dari kesehatan tubuh. Hal ini disampaikan oleh dokter spesialis Gizi Klinis, dr. Putri Adimukti, M.Kes M.Farm, SpGK.

“2.500 tahun lalu, Hippocrates menyebut bahwa semua penyakit semua berawal dari pencernaan. 70 persen kantong pertahanan tubuh atau imunitas berada di usus,” kata dia dalam peluncuran Fibre First di Watsons Lotte S Avenue Jakarta Selatan, Jumat 5 April 2019. 

Menurut Para Ahli, Cara Alami Ini Cepat Hilangkan Rasa Sakit Perut

Dia melanjutkan, peranannya yang penting bagi imunitas tubuh, maka penting untuk menjaga kesehatan usus. Mengingat kata dia, usus juga mudah terkontaminasi dengan virus.

“Usus mudah terkontaminasi makan enggak pilih-pilih yang baik, enggak cuci tangan. Usus kerja keras buang itu,” lanjut dia. 

Pencernaan Sehat Kunci Imunitas Kuat

Dia melanjutkan, penting menjaga makanan yang dikonsumsi mengandung makanan kaya akan serat. Serat sendiri memiliki peranan penting kata dia, mengingat fiber dapat menghasilkan energi makanan yang dapat memelihara lendir (pada saluran cerna untuk memudahkan bab) . Serta melapisi usus agar bakteri tidak masuk ke usus. 

“Jika pencernaan sehat terhindar diabetes, terhindar jantung dan kardiovaskular, gula darah terkendali. Pencernaan sehat orang bisa happy, korelasinya hormon bahagia (seratonin) dihasilkan pencernaan,” kata dia. 

Dia menjelaskan bahwa penting mengonsumsi buah, sayur, kacang-kacangan hingga whole grain. 

“Dalam sehari masyarakat Indonesia rata-rata membutuhkan serat sebanyak 25-35 gram sehari. Satu mangkuk bayam memiliki serat sebanyak 3 gram, Bubuk silium 3,4 gram dan 1 buah aple 3,6 gram,” kata dia.

Dia melanjutkan, jika dalam sehari seseorang belum bisa mencukupi serat dari buah dan sayur, masyarakat mendapatkannya dari produk serat dan nutrisi seperti FiberFirst. Produk yang diformulasikan khusus di Jepang ini mengandung bahan alami yang berasal dari sayur, buah dan biji-bijian. 

Beberapa kandungan yang ada di dalamnya adalah Psyllium husk, yaitu serat alami yang dapat membersihkan saluran pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol dan gula darah. Selain itu terdapat juga kandungan inulin yaitu sumber gizi yang berfungsi untuk menyehatkan saluran pencernaan. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya