Menurut Para Ahli, Cara Alami Ini Cepat Hilangkan Rasa Sakit Perut

Ilustrasi menahan lapar, sakit perut.
Sumber :
  • Pixabay/ mohamed-hassan

VIVA Lifestyle – Kalian pasti sering merasakan atau mengalami sakit perut, bukan? Bila iya, dalam banyak kasus terkait dengan sesuatu yang dikonsumsi. Tak hanya salah makan, beberapa penyebab lain juga bisa menyebabkan perut jadi terasa sakit. 

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Tak dipungkiri, sakit perut kerap datang secara tiba-tiba. Nah, jika ini terjadi, dan gejalanya semakin parah, persisten, atau memburuk. Maka, solusinya Anda harus segera ke dokter untuk menyelidiki penyebabnya.

Namun sebagian besar sakit perut juga bisa hilang dengan sendirinya. Namun, penting untuk kita mengawasi seberapa sering sakit perut Anda terjadi dan bagaimana rasanya jika itu merupakan tanda dari masalah mendasar yang memerlukan kunjungan ke dokter. 

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

“Faktor lain harus dipertimbangkan, seperti karakter nyeri, intensitas, dan lokasi serta gejala terkait,” kata Leila Kia, MD, ahli gastroenterologi di Northwestern Medicine.

Tetap Kompak, Momen Eko dan Akri Jenguk Parto, Minta Penggemar Jangan Khawatir Hal Ini

Sebelumnya, bacalah beberapa penyebab paling umum dari sakit perut ditambah 15 tips yang disetujui para ahli tentang cara cepat untuk menghilangkannya.

Ketika mengunjungi dokter, ada baiknya untuk menjelaskan secara spesifik nyeri perut yang dirasakan, misal terbakar, menusuk, sakit, mual, muntah, dan gas berlebih, informasi ini dapat bermanfaat bagi dokter sehingga tepat membuat diagnosis.

Penyebab Sakit Perut

Sakit perut bisa disebabkan banyak kondisi seperti infeksi, pertumbuhan abnormal, peradangan, penyumbatan, dan gangguan usus. Infeksi di tenggorokan, usus, dan darah dapat menyebabkan bakteri masuk saluran pencernaan yang menyebabkan sakit perut. 

Atau sederet penyebab sakit perut lainnya seperti yang akan kami bagikan berikut ini paling umum terjadi menurut para ahli seperti dlansir dari www.womenshealthmag.com;

Keracunan makanan

Berbeda dengan sakit perut ringan, gejala keracunan makanan cenderung bertahan lebih lama (sekitar 24 hingga 72 jam). Dalam kasus ringan, seseorang mungkin mengalami kembung dan rasa tidak nyaman. Dalam kasus yang lebih parah, penyakit ini dapat menyebabkan diare, mual, muntah, demam, atau menggigil.

Radang usus buntu

Rasa sakit akibat radang usus buntu datang secara tiba-tiba dan terasa sangat hebat. “Ini dimulai dari sisi kanan, di bagian bawah perut Anda,” kata Samantha Nazareth, MD, ahli gastroenterologi bersertifikat dan penasihat Kesehatan Wanita anggota dewan. “Rasa sakitnya bisa berpindah ke pusar atau berpindah ke area tersebut, tapi bisa juga berupa mual, muntah, atau demam.” Anda sebaiknya mendapatkan status pertolongan medis jika Anda yakin menderita radang usus buntu.

Ilustrasi sakit perut.

Photo :
  • Pexels/cottonbro

Makan terlalu cepat

Jika Anda makan terlalu cepat, ada kemungkinan Anda akan menelan lebih banyak udara dari yang seharusnya—ini disebut aerophagia . “Menelan terlalu banyak udara dapat menyebabkan kembung, gas, bersendawa, dan bersendawa,” kata Georgia Close, MD, ahli gastroenterologi bersertifikat dan penasihat ilmiah untuk Hilma.

Kista ini mungkin terasa di bagian bawah perut dan bisa sangat menyakitkan. Dalam hal ini, pergi ke rumah sakit untuk melakukan pencitraan (seperti USG atau CAT Scan) dapat membantu menentukan langkah selanjutnya.

Obstruksi usus

Peritonitis menyebabkan rasa sakit yang hebat karena usus pecah. Dr Nazareth menambahkan bahwa hal ini dapat mengancam jiwa dan perlu ditangani dengan cepat.

Refluks asam

Tidak seperti kemungkinan lain, banyak orang menggambarkan ini sebagai sensasi terbakar dan tidak terlalu sakit, kata Dr. Nazareth. Hal ini sangat umum terjadi, dan Dr. Close menambahkan bahwa sekitar satu dari lima orang dewasa mengalami kedua masalah tersebut.

“IBS/gangguan fungsi usus mempengaruhi hingga 25% populasi AS (termasuk subtipe diare dan sembelit),” kata Dr. Close . Penyakit ini sangat umum terjadi dan menyebabkan nyeri di perut bagian bawah. Namun, penting untuk diperhatikan bahwa tidak semua sembelit disebabkan oleh IBS.

Intoleransi Laktosa

“Enam puluh lima persen populasi global mempunyai ketidakmampuan mencerna laktosa,” kata Dr. Close. Hal ini disebabkan oleh ketidakmampuan seseorang memproses gula dalam susu, yang mengakibatkan diare, gas, atau kembung.

Kapan Harus Menemui Dokter?

Jika rasa sakit tidak kunjung mereda dengan obat OTC, Anda juga harus membuat janji temu dengan dokter kesayangan Anda untuk melihat hasil secepatnya.  

Dr Nazareth mencatat bahwa penyebab sakit perut yang parah biasanya mencakup rasa sakit yang datang tiba-tiba dan bukannya penumpukan yang lambat. Jika rasa sakit terus menerus atau membangunkan Anda di malam hari, disertai dengan penurunan berat badan, Anda bisa langsung menghampiri dokter kesayangan Anda.

Di sisi lain, jika Anda sering mengalami sakit perut, atau ingin mencegahnya di kemudian hari, pertimbangkan salah satu solusi potensial yang akan kami bagikan berikut ini.

Ilustrasi sakit perut

Photo :
  • Pixabay/pexels

Solusi Cepat Atasi Sakit Perut

Minumlah sedikit spearmint atau peppermint

Berkat kandungan mentolnya, baik spearmint maupun peppermint mampu meredakan sakit perut. Menthol telah terbukti mengendurkan otot-otot di saluran pencernaan, kata Dr. Herrera.

Namun jika Anda mengalami penyakit asam lambung, sebaiknya hindari hal ini. "Hal ini dapat memperburuk refluks dengan merelaksasi sfingter, yang mencegah isi lambung keluar dari kerongkongan," dia menjelaskan.

Anda bisa mendapatkan manfaat serupa dari minyak pepermin, yang dapat memperbaiki iritasi usus dan mengurangi sakit perut, kata Dr. Close. Ia juga dikenal dapat meredakan gas dan kembung.

Kekurangan: Peppermint adalah salah satu makanan yang diketahui dapat memperburuk refluks asam dan mulas.

Minumlah teh jahe

Obat sederhana lainnya mungkin menunggu Anda di dapur Anda: Akar jahe memiliki sejarah panjang dalam digunakan sebagai obat sakit perut.

Alasan jahe bekerja dengan baik untuk pencernaan belum pernah diketahui secara pasti, namun ada yang mengatakan jahe mempercepat laju perpindahan makanan ke usus kecil dari lambung.

"[Ketika] saya makan terlalu banyak dan merasa mual, saya akan minum teh jahe untuk menenangkan perut saya," kata Charlene Prather, MD, seorang profesor gastroenterologi di Fakultas Kedokteran Universitas Saint Louis. "Sangat mudah untuk membuatnya—saya hanya memarut jahe segar dalam air dan menambahkan sedikit madu dan itu akan menyelesaikannya."

Kelebihan: Jahe secara umum dapat membantu meredakan mual dan nyeri perut bagian atas. Ini sempurna bagi siapa saja yang lebih memilih untuk mengandalkan pengobatan alami sebagai langkah pertama. Anda juga bisa mengonsumsi suplemen jahe atau minyak jahe sebagai alternatifnya, kata Dr. Close.

Jahe dapat meningkatkan pergerakan usus, jadi jika Anda mengalami diare, sesuatu yang menyebabkan lebih banyak waktu di kamar mandi mungkin tidak ideal, catat Dr. Nazareth.

Cobalah gerakan lembut

Jika Anda kesulitan buang air besar, melakukan olahraga ringan dapat melancarkan buang air besar. BTW, bukan berarti Anda harus melakukan latihan HIIT. “Menggerakkan tubuh saja sudah membantu gerak peristaltik (atau pergerakan usus),” kata Dr.

Namun, penting untuk mendengarkan tubuh Anda. Jika gejala yang Anda alami tidak memungkinkan Anda untuk berolahraga, jangan memaksakannya dan pertimbangkan pengobatan lain yang mungkin terasa lebih nyaman.

Kelebihan: Olahraga yang konsisten dapat mencegah kurang buang air besar dan sembelit.

Melakukan olahraga berat dapat menyebabkan darah mengalir ke bagian tubuh mana pun yang sedang bekerja, sehingga menarik darah keluar dari perut, yang mungkin diperlukan untuk pencernaan, kata Dr. Nazareth. Berolahraga segera setelah makan juga dapat menyebabkan kram

Perhatikan sinyal lapar

Kontraksi alami sistem pencernaan dirasakan lebih hebat saat perut kosong. Tanpa makanan, lambung menjadi ruang gema lambung. Rasa lapar mempunyai tujuan yang berguna: Seperti pesan teks dari perut ke otak yang memberitahukan bahwa sudah waktunya untuk mencari makanan.

Meskipun mudah untuk terjebak dalam jadwal yang padat, akan lebih bermanfaat jika mendengarkan tubuh Anda saat lapar.

Jika Anda pernah mengalami sakit perut karena lapar, mengonsumsi makanan secara teratur akan mengurangi rasa sakit dan mengurangi kemungkinan terjadinya ketidaknyamanan yang sering terjadi.

Hindari makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur adalah penyebab umum naiknya asam lambung, seperti halnya makan terlalu banyak atau terlalu cepat, merokok, dan minum terlalu banyak. Namun hampir semua hal bisa membuat Anda merasa terbakar dan menyebabkan sakit perut.

"Kondisi ini sering menyerang pada malam hari, saat dalam posisi berbaring," kata Minh Nguyen, MD, ahli gastroenterologi di Fox Chase Cancer Center di Philadelphia.

Dia merekomendasikan obat resep atau antasida yang dijual bebas seperti Prilosec. Namun jika Anda tidak ingin bergantung pada obat-obatan, mengurangi pemicu yang diketahui dapat mencegah hal ini terjadi dalam jangka panjang.

Karena makanan pedas diketahui menyebabkan sakit perut, menghindarinya akan meminimalkan kemungkinan memperburuk rasa sakit atau membantu Anda menghindari masalah apa pun.

Tingkatkan asupan serat Anda

Jika selain sakit perut, Anda mengalami gejala sembelit lainnya, seperti kembung atau gas, tambahkan lebih banyak serat untuk diet Anda. Isi piring Anda dengan lebih banyak buah dan sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan, atau awali hari Anda dengan sereal berserat tinggi.

Sekadar informasi, sembelit sangat umum terjadi pada wanita, kata Irwin Grosman, MD, kepala asosiasi gastroenterologi di NYP Brooklyn Methodist Hospital di Brooklyn. "Ada teori bahwa ada perbedaan hormonal antara pria dan wanita, dan wanita membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna dan menghilangkan makanan," dia menambahkan.

Kelebihan: Mendapatkan serat yang cukup sangat penting dalam beberapa hal. “Selain mencegah sembelit, juga menurunkan risiko kanker usus besar. Serat tidak larut juga bertindak sebagai prebiotik, mengatur dasar usus, dan memberi makan bakteri menguntungkan,” kata Dr. Close.

Kekurangan: Menambahkan lebih banyak serat ke dalam makanan atau dua mungkin tidak akan langsung efektif. Ini lebih merupakan permainan jangka panjang.

Hindari sayuran yang menghasilkan gas

Di sisi lain, jika Anda berurusan dengan kotoran berwarna hijau dan sakit perut, sayuran bisa disalahkan. "Asupan sayur-sayuran dari makanan kita biasanya menjadi penyebab feses berwarna hijau. Sakit perut pada kondisi ini biasanya dapat diatasi dengan menghindari sayuran utama penghasil gas seperti asparagus, brokoli, dan kubis Brussel," kata Dr.Herrera. Minimalkan jumlah yang Anda makan sampai Anda merasa lebih baik.

Sama halnya dengan menghindari makanan pedas, menghindari makanan (khususnya sayuran) yang diketahui menghasilkan gas dapat membantu meredakan sakit perut atau menghindarinya sama sekali.

Kekurangan: Anda harus memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup nutrisi yang seharusnya Anda dapatkan dari sayuran ini dari sumber lain.

Cobalah obat yang dijual bebas

Jika Anda mempunyai masalah gas yang menurut Anda menyebabkan sakit perut, minumlah obat OTC seperti Mylanta Gas. Beano adalah pilihan bagus lainnya, kata Michael Wolfe, MD, ketua departemen kedokteran Case Western Reserve University di MetroHealth Medical Center di Cleveland, Ohio. Hal ini terutama terjadi jika sayuran tidak ramah terhadap sistem tubuh Anda, karena sayuran akan memecah rafinosa, produk sampingan gula pada tanaman yang sulit dicerna.

ICYMI, gas disebabkan oleh dua hal: mengonsumsi makanan pembentuk gas seperti sayuran hijau, buah-buahan yang dikupas kulitnya, minuman berkarbonasi, kubis, dan kacang-kacangan; atau dengan menelan udara, jelas Michael Wolfe, MD, ketua departemen kedokteran Case Western Reserve University di MetroHealth Medical Center di Cleveland, Ohio. "Orang-orang [menghirup udara berlebih] ketika mereka minum dengan sedotan, berbicara dengan mulut penuh, makan terlalu cepat, atau ketika mereka gugup," dia berkata.

Jika diare yang menjadi penyebab masalah Anda, dan menyerang pada waktu yang tidak tepat atau jika terlalu sering hingga membuat Anda terjaga di malam hari, Anda dapat mencoba Pepto-Bismol, menurut Amit Bhan, MD, ahli gastroenterologi di Rumah Sakit Henry Ford di Detroit. Cairan berwarna merah muda tersebut akan menyerang bakteri penyebab diare di sistem tubuh Anda, sehingga Anda dapat beristirahat dan beraktivitas sepanjang hari. Anda juga dapat mengonsumsi Imodium, yang bekerja dengan memperlambat kecepatan aliran cairan melalui usus Anda.

Menggunakan obat yang dijual bebas dapat membantu Anda mengatasi sakit perut dengan cepat.

Kekurangan: Beberapa orang memilih untuk tidak mengonsumsi obat yang dijual bebas. Dalam hal ini, tersedia obat dan suplemen herbal seperti IBGard.

Hidrat

Saat Anda berlari (atau sebenarnya, melakukan olahraga apa pun), Anda mungkin merasakan sedikit rasa sakit di sisi tubuh Anda. Biasanya nyeri muskuloskeletal disebabkan oleh dehidrasi atau makan terlalu banyak sebelum Anda mulai berkeringat, kata Rita Knotts, MD, ahli gastroenterologi dan asisten profesor kedokteran di NYU Langone Health.

Jadi minumlah. Dan lain kali, sebelum Anda mulai berolahraga, Dr. Knotts menyarankan untuk memastikan Anda punya waktu untuk mencernanya. Beri diri Anda setidaknya satu jam (lebih baik lagi, beberapa jam) setelah makan.

Kelebihan: Minum air akan mencegah dehidrasi dan melancarkan pencernaan. Ini juga merupakan alternatif yang lebih baik daripada minuman yang mengandung gelembung atau bahan lain yang dapat memperpanjang sakit perut.

Cobalah akupunktur atau terapi perilaku kognitif

Jika Anda mencari solusi jangka panjang, Dr. Knotts merekomendasikan untuk mencoba terapi perilaku kognitif atau akupunktur, karena gangguan pencernaan bisa disebabkan oleh stres.

Pendekatan ini juga dapat membantu orang yang menderita sakit perut fungsional kronis, kata Dr. Close. Mengurangi stres dan kecemasan dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi saluran pencernaan secara keseluruhan.

Kekurangan: Sekali lagi, hal ini bukanlah solusi yang cepat.

Hindari berbaring terlalu cepat setelah makan

Hal ini sangat penting terutama bagi orang-orang yang rentan terhadap refluks asam. "Berbaring terlalu cepat akan mengakibatkan isi perut berpindah ke kerongkongan, sehingga menimbulkan rasa tertekan atau nyeri yang tidak menyenangkan, disertai rasa pahit," kata Dr.Herrera. Jadwalkan makan terakhir Anda hari itu setidaknya tiga jam sebelum berbaring atau tidur, menurut Dr. Kia.

Kelebihan: Tidak makan tiga jam sebelum tidur dapat mencegah Anda muntah diam-diam sepanjang malam, yang akan menyebabkan lebih banyak gejala refluks dan radang esofagus keesokan harinya.

Makan yogurt

Jika Anda terus-menerus mengalami masalah perut seperti kembung, yogurt dapat membantu menjaga sistem pencernaan Anda tetap bugar.

Selama Anda mengesampingkan intoleransi laktosa, cobalah mengonsumsi yogurt dengan "kultur hidup dan aktif" (cari kalimat ini pada label), yang dapat membantu mengatur sistem pencernaan Anda.

Yogurt mengandung probiotik, yang dapat membantu melawan bakteri berbahaya. Ini juga dapat membantu memulihkan mikrobioma di usus, kata Dr. Nazareth.

Kekurangan: Yogurt tidak dapat memberikan solusi cepat, namun dapat menjadi tindakan pencegahan yang baik.

Hindari minuman berbuih

Bersendawa sebenarnya adalah respons refleks alami terhadap peningkatan gas dalam sistem Anda, kata Dr. Knotts. Makanan atau minuman yang menghasilkan gas (pikirkan: minuman berkarbonasi) mungkin penyebabnya. Dr. Knotts menyarankan untuk menghindari gelembung, jadi ganti soda atau bir dengan air atau anggur.

Meskipun sebagian orang suka meminum minuman jahe, hal itu tidak selalu merupakan ide terbaik. Minuman berkarbonasi umumnya tidak berdampak negatif pada semua orang, namun menghindari minuman tersebut saat sakit perut dapat mencegah peningkatan gas di usus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya