Ini Dia Penyebab dan Solusi untuk Noda Hitam di Sela Gigi

Gigi
Sumber :
  • Getty Images/iStockphoto

JAKARTA – Meskipun Anda memiliki rutinitas menyikat gigi yang sempurna, masih mungkin terjadi noda hitam atau cokelat yang tidak sedap dipandang di antara gigi Anda. Noda ini biasanya terletak di bagian bawah setiap gigi dekat garis gusi dan dari depan dapat terlihat berbentuk segitiga.

5 Fakta Penting tentang Penyakit FLUTD pada Kucing

Meski banyak dari kita memiliki ruang antara gigi, perubahan warna ini dapat membuat celah terlihat lebih mencolok dan memengaruhi kepercayaan diri sebagai akibatnya. Beberapa orang mungkin khawatir bahwa ini terlihat seperti kebersihan gigi mereka tidak memadai, atau melihatnya sebagai cacat pada senyum yang sempurna mereka. Scroll lebih lanjut ya.

Menurut Dr Abdul Azizi, Dokter Gigi Utama di Klinik Gigi Pribadi Harley, segitiga-segitiga kecil ini dapat memiliki sejumlah penyebab yang mendasari, dan mereka juga dapat dicegah dan diperbaiki.

Pj Bupati Purwakarta Ingatkan Integritas ASN dan Mitigasi Wabah DBD

"Segitiga hitam di antara gigi Anda tidak inheren berbahaya tetapi mungkin dikaitkan dengan masalah kesehatan mulut, seperti penyakit gusi atau resesi gusi," kata Dr Abdul dikutip dari Metro UK.

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

Ia menjelaskan bahwa ini tidak selalu merupakan tanda kebersihan yang buruk, karena berbagai faktor, termasuk genetika dan bentuk gigi, dapat berkontribusi pada perkembangannya.

"Namun, mereka dapat menjebak partikel makanan dan memengaruhi kebersihan dan estetika mulut, yang mungkin memerlukan perhatian gigi untuk alasan kosmetik atau pencegahan," tambahnya.

Dr Abdul menyebutkan beberapa alasan potensial untuk bintik-bintik gelap ini, termasuk resesi gusi, kehilangan tulang, bentuk dan ukuran gigi, perubahan yang terkait dengan usia, dan perawatan ortodontik, seperti kawat gigi atau aligner, yang dapat mengubah posisi gigi dan menciptakan ruang yang sebelumnya tidak ada.

Ilustrasi anak menyikat gigi.

Photo :
  • Freepik/mdjaff

Meskipun beberapa faktor ini di luar kendali Anda, ada beberapa cara untuk mengurangi kemungkinan munculnya segitiga hitam di antara gigi Anda. Dr Abdul menyarankan untuk mempertahankan rutinitas kebersihan mulut yang baik dan melakukan pemeriksaan gigi secara teratur, serta flossing dengan lembut dan menghindari merokok.

Untuk mengobati segitiga hitam setelah mereka berkembang, ia mengatakan bonding gigi – menggunakan resin berwarna gigi untuk mengisi celah dan menciptakan tampilan yang lebih estetis – dan veneer dapat membantu.

"Dalam beberapa kasus, ortodontik dapat digunakan untuk memindahkan gigi dan menutup celah," kata Dr Abdul.

"Dan untuk kasus dengan resesi gusi parah, cangkok gusi dapat dilakukan untuk menggantikan jaringan gusi yang hilang dan mengisi segitiga hitam," sambungnya.

Ia menyarankan untuk selalu berbicara dengan profesional.

"Pendekatan terbaik untuk mengatasi segitiga hitam di antara gigi Anda akan tergantung pada penyebab yang mendasarinya dan kekhawatiran kesehatan dan kosmetik mulut spesifik Anda. Sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi atau ortodontis untuk menentukan solusi paling tepat untuk situasi individu Anda," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya