5 Tips Tepat Memilih Hidangan Sahur

Ilustrasi makanan
Sumber :
  • foodiesfeed

VIVA – Berdasarkan sebuah studi, puasa ramadan selama satu bulan penuh dapat memberi manfaat kesehatan baik seperti menurunkan berat badan. Namun, penurunan berat badan akan optimal jika memang selama puasa mengatur jenis makanan yang dikonsumsi, baik ketika sahur atau berbuka.

Resep Sayur Sop yang Sederhana dan Bernutrisi Untuk Menu Sahur

Tetapi, tak sedikit karena puasa Ramadan justru malah meningkatkan berat badan. Alasannya, karena tidak ada perubahan gaya hidup khususnya bagaimana mengatur strategi untuk makan yang benar saat sahur dan berbuka.

Untuk itu, berikut lima tips dari Dr. Jovita Amelia, MSc, SpGK dalam memilih makanan saat puasa khususnya sahur agar tubuh tetap bugar, dalam acara Halodoc di Kawasan Gondangdia, Jakarta beberapa waktu lalu.

Menu Sahur dan Buka Puasa Sehat Pasien Diabetes

1. Pilih hidangan sahur dengan komposisi gizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan kalori harian.

Makanan yang lengkap dan berenergi dapat memenuhi kebutuhan energ sepanjang hari. Makanan dengan karbohidrat kompleks dapat melepaskan energi secara perlahan selama puasa. Komponen makanan yang seimbang juga dapat mengoptimalkan kondisi tubuh yang terdiri dari 50-60 persen karbohidrat, 15-20 persen protein dan 20-25 persen lemak. 

Menu Buka Puasa dan Sahur untuk Diet Serta Kalori Aman

2. Cukupi kebutuhan cairan dan zat besi saat sahur

Dibutuhkan 2 liter cairan selama berpuasa yang dapat disiasati dengan 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka, 2 gelas sebelum makan malam, dan 2 gelas saat dan setelah makan malam. Hal ini dapat membantu distribusi oksigen tetap terjaga selama berpuasa, sehingga tubuh akan terasa lebih bugar. tidak mudah lemas dan mudah mengantuk. 

3. Hindari gorengan berlebih

Untuk mengurangi rasa haus, hindari gorengan dan hidangan yang mengandung banyak garam. Lebih lanjut, makanan yg digoreng akan memperlambat pengosongan lambung sehingga memicu naiknya asam lambung. Serta jangan lupa untuk penuhi kebutuhan cairan 2 liter per harinya. 

4 Hindari konsumsi makanan manis berlebih

Makanan manis yang dimaksud adalah yang berasal dari karbohidrat sederhana berlebih saat sahur. Sebab, makanan tersebut akan lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh sehingga mudah menyebabkan rasa lapar.

Disarankan jika ingin mengonsumsi makanan manis, maka pilihlah makanan manis yang berasal dari karbohidrat kompleks seperti seperti sayur, buah dan umbi-umbian. 

5. Biasakan untuk berolahraga selama puasa

Dianjurkan tetap berolahraga seperti latihan ringan sebelum atau sesudah berbuka puasa dengan durasi pendek dan intensitas lebih rendah akan membantu kebugaran tubuh selama Ramadan. Sebaiknya berolahraga satu jam sebelum berbuka agar mencegah dehidrasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya