7 Cara agar Ibu Hamil Nyaman dan Sehat Berpuasa

Ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Stocksnap

VIVA – Berpuasa di bulan Ramadan merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang mampu secara fisik. Tapi bagaimana dengan ibu hamil alias bumil, bolehkah berpuasa?

Selamat! Mpok Alpa Umumkan Hamil di Usia 37 Tahun

Spesialis Gizi Klinis, Rumah Sakit Pondok Indah,  dr Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp. GK mengatakan,  bumil boleh saja untuk menjalankan puasa. Namun, ada sejumlah syarat ketat yang harus diketahui dan juga diikuti agar tetap sehat selama berpuasa. "Pertama tentu harus dikonsultasikan ke dokter kandungan. Umumnya yang boleh dan aman itu trimester kedua dan ketiga," ungkap Juwalita saat ditemui VIVA beberapa waktu lalu.

Sementara untuk trimester awal, ia tidak menyarankan bumil untuk berpuasa. Ini lantaran pada periode tersebut merupakan tahapan awal pembentukan janin. Sehingga perempuan dan janin yang dikandungnya membutuhkan nutrisi yang cukup.

Terkuak, Usia Janin Wanita Hamil di Kelapa Gading yang Tewas Dibunuh

Jika kehamilan Anda sudah melewati trimester pertama dan merasa siap serta kuat untuk berpuasa, perhatikan tujuh hal berikut.

Asupan nutrisi saat sahur

Wanita Hamil Tewas di Ruko Kelapa Gading Dipaksa Aborsi oleh Kekasih Gelapnya

Selama kehamilan, bumil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih untuk perkembangan janin, sehingga saat sahur sebaiknya lengkapi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, mineral, dan vitamin.

Perbanyak air putih

Untuk mencegah terjadinya dehidrasi, bumil perlu perbanyak konsumsi air putih saat sahur dan juga berbuka puasa untuk mengembalikan cairan tubuh yang telah hilang.

Agar bumil yang berpuasa tetap sehat, praktekkan lima hal lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya