Tips Mencintai Diri Sendiri dari Psikiater

Ilustrasi wanita.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Banyak orang yang bilang bahwa mencintai diri sendiri adalah kunci kebahagiaan yang paling utama. Sayang, tak semua orang dapat dengan mudah mencintai dirinya sendiri, terlebih usai menghadapi beragam hambatan di dalam rutinitasnya.

BKKBN: Angka Perceraian Tinggi, Setahun Capai 600 Ribu

Mencintai diri sendiri merupakan salah satu cara merawat diri. Dengan kemampuan merawat diri yang baik, tentu akan berdampak pada kualitas hidup yang lebih maksimal. Sebaliknya, buruknya kemampuan merawat diri bisa berkaitan sebagai pemicu stres sehingga aktivitas menjadi lebih terganggu.

"Kalau tidak merawat diri dengan baik akan terjadi burn out atau stres,sehingga menurunkan kepuasan dan menurunkan empati. Kita jadi berantem sama orang, tidak sensitif dengan kebutuhan orang dan mungkin kurang have fun," ujar dokter spesialis jiwa, dr. AAAA Kusumawardhani, SpKJ(K), MPH., saat ditemui beberapa waktu lalu.

Konsultasi Kesehatan Jiwa Meningkat saat Pandemi

Dokter yang akrab disapa dengan panggilan Agung ini menuturkan, ada 10 cara untuk mencintai diri sendiri. Tak sulit, semua berawal dari berhenti menyalahkan diri sendiri.

"Pertama, stop kritik diri sendiri. Lalu, beri maaf pada diri sendiri dan jangan menakuti diri sendiri. Yang bikin kacau, input yang kurang tepat, misal jangan-jangan akan begini, kalau itu gimana, kalau ini gimana. Kita pikirin berlebihan," kata Agung.

Tanggapi COVID-19, Pemerintah Luncurkan Layanan Psikologi Sehat Jiwa

Keempat yaitu dengan tidak terlalu keras pada diri sendiri dalam menyelesaikan sesuatu. Lalu, iringi dengan rasa sabar untuk menggapai poin penting dalam target hidup. Tak lupa disertai dengan empowering yourself atau melatih dan memberdayakan diri.

"Yang ketujuh yaitu dukung diri sendiri, lalu jaga kesehatan. Jangan lupa menyiapkan waktu untuk bersuka ria dan bercanda. Terakhir, cintai segala kekurangan di dalam diri," kata dia. (rna)

Ilustrasi Bahagia

Hei Si Muram, Ini 10 Cara Sederhana untuk Bisa Merasa Bahagia!

Hidup bahagia dapat dipastikan menjadi impian dan tujuan dari semua manusia. Hidup di dunia dengan segala tantangan dan rintangan yang ada didalamnya, kita harus bahagia!

img_title
VIVA.co.id
12 Agustus 2023