Kemenkes Sebut OB Sekolah yang Sebarkan Hepatitis A di SMPN 20 Depok

Suasana di SMPN 20 Depok yang sejumlah siswanya diduga terjangkit hepatitis
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Kementerian Kesehatan RI menyebutkan sumber penularan hepatitis A di SMPN 20, Depok berasal dari bagian di sekolah tersebut. Terlebih, pembawa virus tersebut bukan berasal dari Depok melainkan kabupaten Bogor.

Ahli Ingatkan Fatty Liver Bisa Sebabkan Hepatitis, Pengerasan Hati bahkan Kanker

"Indeks case bukan dari siswa tapi dari seseorang yang jadi bagian dari penyelenggaraan proses mengajar meski bukan pihak pengajar. Tidak berasal dari kotak Depok tapi dari kabupaten lain di sekitar Depok yaitu kabupaten Bogor," ujar Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, dr. Anung Sugihantono, M.Kes., dalam temu media di kantornya di Jakarta, Rabu 4 Desember 2019.

Anung melanjutkan, bukan sosok pengajar melainkan office boy (OB) yang menjadi pembawa virus tersebut pertama kalinya. Ia mengatakan, OB tersebut juga menjual makanan yang diduga kuat memfasilitasi penyebaran virus tersebut.

Angka Penyakit Hati Meningkat, Temulawak Bisa Perbaiki Hingga Cegah Kerusakannya

"Asalnya dari OB, seorang tenaga yang membersihkan sekolah. Pada saat yang sama juga jualan. Ini yang (sumber penularan) dari Tajur Halang, kabupaten Bogor," kata Anung lagi.

Ditegaskan Anung, penularan virus hepatitis A bersifat Fecal-Oral. Setelah virusnya melalui mulut, lalu masuk dan bersarang ke organ hati. Hal ini yang membuatnya rentan menyebar luas dan menjangkiti banyak orang.

Masuk Kelompok Rentan, Ribuan Nakes di Tangerang Bakal Disuntik Imunisasi Hepatitis B

"Bersifat fecal oral yaitu menular lewat makanan tertelan lewat mulut. Hepatitis A cenderung mudah terkena pada banyak orang (menjadi) KLB dan wabah, dan terjadi di semua negara termasuk Indonesia," ujar Ketua PB Perhimpunan Peneliti Hati Indonesia, Dr. dr. Irsan Hasan, Sp.PD, KGEH, di kesempatan yang sama.

Sebagai informasi, Kementerian Kesehatan RI menyatakan bahwa laporan terbaru kasus hepatitis A di Depok hingga 3 Desember 2019 kemarin sebanyak 262 kasus. Sementara itu, dari angka tersebut, sebanyak 171 orang di Depok positif terinfeksi hepatitis A.

Ilustrasi Hepatitis.

4 Penyakit Liver yang Sering Diabaikan, yang Terakhir Perlu Jadi Perhatian

Penyakit liver terjadi ketika organ hati mengalami gangguan sehingga tak berfungsi sebagaimana mestinya. Liver atau hati merupakan salah satu organ terbesar dalam tubuh.

img_title
VIVA.co.id
3 Januari 2024