Ibra Azhari Ditangkap Lagi, Ini Sebab Sulitnya Lepas dari Narkoba

Ibra Azhari.
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVA – Ibrahim Salahuddin atau yang lebih dikenal dengan nama Ibra Azhari kembali kedapatan menggunakan narkoba. Ibra ditangkap pada 22 Desember 2019 dini hari. 

Nasib 5 Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok

Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Herry Heryawan membenarkan kabar tersebut. Dari penangkapan tersebut, polisi menyita barang bukti berupa sabu. Rencananya, kepolisian akan menggelar jumpa pers Senin siang, 23 Desember 2019.

Berkali-kali ia ditangkap atas kepemilikan narkoba, tapi kemudian kembali masuk ke lubang yang sama. Kenapa hal ini kerap terjadi pada para pemakai narkoba?

Positif Narkoba, Istri Bintang Emon: Gak Nyangka Dijebak Suami Sendiri

Hal ini salah satunya karena sifat dari sabu yang menyebabkan candu. Seperti dilansir dari Medical News Today, obat ini memiliki potensi penyalahgunaan dan ketergantungan yang tinggi. Toleransi terhadap obat berkembang dengan cepat, dan kecanduan psikologis dapat berkembang dalam waktu yang relatif singkat.

Sabu atau juga dikenal metamfetamin sangat membuat ketagihan. Ini karena sejumlah besar dopamin tetap di dalam sel-sel otak sinapsis untuk jangka waktu yang lama setelah digunakan. Dopamin membuat sel-sel tetap aktif, memungkinkan pengguna untuk mengalami perasaan euforia yang kuat.

Gak Nyangka, Istri Bintang Emon Dinyatakan Positif Narkoba

Setelah beberapa saat, pengguna tidak dapat memproduksi dopamin secara alami dan membutuhkan obat untuk merasa normal, membutuhkan dosis yang lebih besar untuk mengalami perasaan senang.

Berhenti tiba-tiba tidak menyebabkan penarikan fisik, seperti halnya heroin. Sebaliknya, orang tersebut mungkin merasa sangat lelah, depresi mental, mudah marah, apatis, dan disorientasi.

Selain itu, penggunaan sabu atau juga disebut metamfetamin meningkatkan risiko masalah jantung, seperti nyeri dada, irama jantung abnormal, dan tekanan darah tinggi. Ini dapat menyebabkan serangan jantung, diseksi aorta akut, atau kematian jantung mendadak, bahkan setelah menggunakan obat untuk pertama kalinya.

Risiko-risiko ini lebih tinggi ketika menggunakan obat dengan alkohol, kokain, atau opioid. Ada risiko stroke yang lebih tinggi, yang mungkin terjadi karena tekanan darah tinggi atau tingkat aterosklerosis yang lebih cepat.

Sabu juga mungkin memiliki efek neurologis yang tidak hilang jika seseorang berhenti menggunakan obat. Para peneliti telah mengaitkan penggunaan sabu dengan risiko penyakit Parkinson yang lebih tinggi, misalnya, suatu kondisi yang memengaruhi saraf gerakan.

Risiko kesehatan lainnya termasuk kemungkinan lebih tinggi terkena penyakit yang ditularkan melalui darah, seperti hepatitis, di antara mereka yang menyuntikkan obat. Karena obat ini diproduksi dan dijual secara ilegal, tidak ada kontrol atas isinya.  Ada risiko keracunan dari zat yang tidak diketahui yang mungkin ada.

Kesehatan individu secara keseluruhan dapat memburuk karena kekurangan makanan atau pola makan yang buruk.  Penurunan berat badan yang parah dapat terjadi.

Ini juga dapat memengaruhi kemampuan seseorang untuk berpikir, belajar, memahami, dan mengingat.  Mereka mungkin merasa bingung dan cemas.

Konsekuensi sosial dari penggunaan jangka panjang juga termasuk tekanan keuangan, masalah dengan pekerjaan, dan tantangan dengan hubungan keluarga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya