Tentang Penyakit Kawasaki yang Diidap Anak Selvi Kitty, Sebahaya Apa?

Ilustrasi wanita/ibu dan bayi.
Sumber :
  • Freepik/senivpetro

VIVA – Putra pedangdut Selvi Kitty, Abizard Kavin Suseno, mengidap salah satu penyakit langka yang disebut penyakit kawasaki. Selvi mengaku tak menyadari tanda dari penyakit itu hingga buah hatinya mulai demam dan tampak kemerahan di bagian mulut.

Hamil 6 Artis Ngidam Barang  Mewah, Pengen Mobil Sampai Vila Miliaran

Bersyukur, penyakit yang diderita anaknya cepat diketahui dan segera ditangani. Terlebih, penyakit kawasaki memang bisa berakibat fatal jika sudah pada tahap lanjut.

"Waktu pertama itu tanda-tandanya dia kayak merah-merah, lidah merah, bibir merah dan enggak mau makan tapi untungnya, ya, bukan untung, sih, Abizard masih tahap satu karena penyakit kawasaki itu ada tiga tahapan kalau udah sampai dua dan tiga, itu akan parah," ujar penyanyi berambut panjang itu beberapa waktu lalu.

Kasihan, Baru Sembuh Corona Balita Ini Kena Penyakit Kawasaki

Menurut laman Mayo Clinic, dikutip VIVA, Minggu 2 Februari 2020, penyakit kawasaki ini menyebabkan peradangan di dinding pembuluh darah arteri yang ada di sepanjang tubuh. Peradangan tersebut berdampak pada pembuluh darah koroner arteri, di mana bagian itu memberikan asupan darah ke otot jantung.

Penyakit ini juga disebut dengan sindrom kelenjar getah bening mukokutan karena menyebabkan beberapa kelenjar membengkak saat infeksi seperti di kulit dan membran mukus di dalam mulut, hidung, dan tenggorokan. Penyakit ini bisa disembuhkan dan kebanyakan anak-anak yang sembuh juga tidak memiliki dampak yang serius.

Sembuh COVID-19, Balita Terserang Penyakit Kawasaki

Untuk gejalanya sendiri, pada tahap 1, mencakup demam hingga lebih dari 39 derajat Celsius dan lebih dari tiga hari, mata merah tanpa cairan tebal, bintik kemerahan di beberapa bagian tubuh dan area intim, bagian bibir dan lidah yang merah dan kering, kaki dan tangan yang membengkak serta berwarna merah.

Untuk tahap 2, anak-anak akan mengalami kulit yang mulai mengelupas di bagian tangan dan kaki khususnya bagian jari kaki dan tangan. Keluhan lain berupa nyeri sendi, diare, muntah, dan nyeri perut.

Sementara di tahap 3, tanda dan gejala mulai berkurang tetapi komplikasi akan berkembang. Komplikasinya melingkupi radang di otot jantung dan masalah jantung lainnya. Beberapa kondisi juga bisa menimbulkan serangan jantung.

Penyebabnya sendiri memang masih sulit diketahui. Namun, anak-anak dengan usia di bawah 5 tahun lebih berisiko. Selain itu, gender pria lebih rentan alami penyakit kawasaki ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya