Gak Pakai Susah, Ini Cara Bikin Hand Sanitizer Sendiri di Rumah

Ilustrasi cuci tangan/hand sanitizer.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Mencuci tangan yang rutin menggunakan air dan sabun menjadi salah satu bentuk atau cara mencegah penularan virus corona (COVID-19). Selain menggunakan air dan sabun, penggunaan hand sanitizer juga menjadi alternatif mencuci tangan terutama untuk mereka yang kesulitan menemukan air dan sabun ketika dalam perjalanan.

Hand Sanitizer Kandungan Aerosol, Diklaim Ampuh Tangkal COVID-19

Tidak heran jika belakangan ini, keberadaan hand sanitizer di lapangan langka, hal ini lantaran masyarakat berbondong-bondong membeli hand sanitizer sejak diumumkannya kasus pasien positif corona pertama di Indonesia awal Maret lalu. Kelangkaan hand sanitizer ini memicu kenaikan harga hand saintizer di pasaran.

Namun, kini masyarakat tidak khawatir lagi untuk mencari hand sanitizer. Sebab, kita bisa membuat hand santizer sendiri di rumah. Melalui akun media sosial instagram, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Deputi Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Dr. Agus Haryono, membagikan sebuah video bagaimana cara membuat hand sanitizer sendiri di rumah.

Bahaya Varian COVID Omicron, Ini 4 Cara Tepat Pilih Sanitizer

“Masyarakat tentu bisa membuat hand sanitizer sendiri karena bahan-bahannya tersedia di toko-toko kimia bahkan formula dan cara membuat hand sanitizer ini tersedia di laman-laman WHO,” kata dia dalam video berdurasi 5 menit.

Dalam video itu dia menjelaskan panduan membuat hand sanitizer, yang mana hand sanitizer yang ada di pasaran yang disarankan WHO kandungan utamanya adalah ethanol atau alkohol. Yang mana ethanol atau alkohol ini bersifat antiseptik yang bisa membunuh mikroba yang ada di sekitar kita selain itu ditambahkan gliserin kemudian pengharum sehingga aroma atau bau dari hand sanitizer ini lebih nyaman ketika digunakan.

3 Kunci Cegah Tertular COVID-19 Saat Sudah Divaksin

Berikut ini cara membuat hand santizer dan bahan-bahan serta alat yang diperlukan seperti diperagakan oleh Peneliti Kimia, LIPI, Melati Septiyanti dan Sri Budi Harmami. Yang utama harus diperhatikan kata keduanya adalah memastikan peralatan yang digunakan dalam keadaan bersih

Bahan-bahan (untuk 250ml hand sainitizer dengan kadar ethanol 63 persen)

1. Air 500ml

2. Ethanol teknis 200ml

3. Carbomer 1sdt

4. Propylene glycol 33 ml

5. Triethanolamine 3 tetes

Peralatan yang perlu disiapkan

Magnetic stirer dan pemanas alat ini bisa diganti dengan kompor listrik atau kompor gas kemudian gelas breaker bisa diganti dengan panci yang ada di rumah menggunakan sambil diaduk dengan cara manual.

Proses pembuatan:

Pertama campurkan air  (sebagai pelarut) ke dalam panci kemudian Propylene glycol (sebagai zat pengental) lalu diaduk di atas pemanas 90 derajat sambil dicampurkan carbomer (sebagai pelembab) perlahan sampai tercampur dan larut secara sempurna kurang lebih selama 20 menit.

Kedua, tambah Triethanolamine sebagai geling agent atau zat pembentuk gel teteskan dikit demi sedikit. Setelah mengental kompor dimatikan

Ketiga, tambahkan dengan ethanol tanpa proses pemanasan untuk hindari penguapan dilakukan sedikit demi sedikit. Pengadukan kurang lebih selama 15 menit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya