Di Rumah Aja, Gerakan Sederhana Ini Latih Otot Lengan dan Bahumu

Yoga di rumah.
Sumber :
  • Unsplash/Form

VIVA – Seiring merebaknya penyebaran virus COVID-19 (coronavirus), banyak tempat umum yang ditutup untuk meminimalisir titik penyebaran virus ini lebih lanjut. Pemerintah mengimbau masyarakat untuk tinggal di rumah guna memperlambat penyebaran virus yang mudah menular ini.

Cara Kelly Tandiono Tetap Aktif dan Sehat di Rumah

Untuk membantu menekan angka kasus dan penularan virus ini, lakukan imbauan-imbauan untuk tetap bersih dan sehat, seperti mencuci tangan dan jauhi kerumunan. Jangan panik namun tetap waspada.

"Kekhawatiran tertular virus membuat banyak orang menjadi gelisah yang berakibat pada pembelian pembersih tangan dan obat antiseptik secara berlebihan. Masyarakat secara serius mengikuti anjuran pemerintah untuk mempraktikkan social distancing," ujar Atlet Olimpiade Inggris sekaligus Vice President, Worldwide Sports Performance and Fitness Herbalife, Samantha Clayton, dikutip dari siaran pers Herbalife, Senin, 23 Maret 2020.

Boleh Sih Olahraga di Rumah Pakai Daster, Tapi...

Di masa social distancing ini dan seruan untuk mengkarantina diri sendiri #dirumahaja, olahraga guna memperkuat otot tetap perlu dijalani. Selama melakukan aktivitas fisik, tubuh akan melepaskan endorfin secara alami. 

Peningkatan hormon bahagia ini dapat meningkatkan susana hati, kepercayaan diri, dan membantu mengurangi tingkat stres kamu. Selain itu, olahraga teratur juga banyak dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung, kepadatan tulang, mobilitas sendi, kognisi, mood, fungsi metabolisme, serta masa otot dan kekuatan.

Cara Zaskia Adya Mecca Bikin Anak Tetap Happy di Rumah Aja

Olahraga juga akan membantu kamu mempertahankan pola pikir yang fokus dan lebih rasional. Kamu dapat berolahraga di mana saja tidak peduli berapa banyak ruang yang kamu miliki. Yang kamu butuhkan adalah berat badan kamu sendiri dan latihan di mana peralatan minimal.

Kamu dapat melakukan rutinitas latihan seluruh tubuh dengan cepat kapan saja untuk meregangkan dan menguatkan tubuh. Salah satunya melatih otot trisep khususnya punggung lengan dan bahu yang dapat dilakukan dengan mudah. Pertama, duduklah di lantai dengan lutut sedikit ditekuk.

Lalu tempatkan tangan di belakang kamu dengan jari-jari menghadap tubuhmu. Kemudian, angkat pinggul  dari lantai sehingga bobot tubuh didukung oleh lengan dan kaki.

Selanjutnya, tekuk lengan pada siku hingga pinggul menyentuh lantai, lalu dorong kembali ke posisi awal. Jika kamu menginginkan tantangan ekstra saat mendorong ke atas, angkat kaki kiri dan raih ke depan dengan lengan kanan. Mudah, kan?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya