14 Olahraga Simpel di Rumah untuk Jaga Imunitas dan Kekebalan Tubuh

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.
Sumber :
  • Freepik/svetlanasokolova

VIVA – Kasus covid-19 makin bertambah dan tidak bisa dikontrol dengan baik. Bertambahnya jumlah tersebut membuat kita khawatir untuk beraktivitas di luar rumah.. 

Geger Vaksin COVID-19 AstraZeneca, Ketua KIPI Indonesia Sebut Tidak ada Kejadian TTS di Indonesia

Cara yang bisa kita lakukan untuk memutus rantai virus ini yaitu dengan memakai masker saat kegiatan di luar rumah, menjaga jarak, sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Dan kita diharapkan tidak banyak beraktivitas diluar rumah dan tetap produktif di rumah.

Meski di rumah saja, kita juga dianjurkan untuk menjaga imunitas dan kekebalan tubuh. Salah satu caranya dengan berolahraga agar tetap produktif dan badan kita tetap sehat Berikut 14 olahraga simpel di rumah untuk jaga imunitas dan kekebalan tubuh.

Megawati Resmi Perpanjang Kontrak dengan Red Sparks, Ternyata Segini Kenaikan Gajinya di Musim Depan

Olahraga sederhana apa saja yang bisa menajaga imunitas dan kekebalan tubuh? Simak selengkapnya berikut ini.

Olahraga dapat meningkatkan imunitas yang sangat berguna dalam masa pandemi virus corona atau COVID-19 ini. Olahraga sederhana yang dapat dilakukan di rumah merupakan kegiatan ringan yang memberikan manfaat besar.

5 Fakta Penting tentang Gym untuk Kesehatan Tubuh hingga Kehidupan Seksual

Menjaga kesehatan dengan berolahraga secara teratur bisa anda lakukan meskipun hanya di rumah saja.

1. Bodyweight squat

Bodyweight squat merupakan olahraga yang bisa membantu memperlancar sirkulasi tubuh, meningkatkan postur tubuh, mengencangkan bokong, serta menjaga tubuh agar tetap kuat. Berikut langkah untuk melakukan olahraga ini:

  • Sikap berdiri dengan membuka kaki sedikit lebih lebar dari pinggul.
  • Kencangkan tubuh, lalu dorong dada ke atas dan perlahan pindahkan berat badan ke tumit saat mendorong badan dengan gerakan jongkok.
  • Tetap turunkan badan hingga paha berada di bawah. 
  • Pastikan kaki anda tetap menempel di lantai.
  • Dan juga posisi dada tetap terangkat dan Tarik napas saat mendorong tubuh untuk berdiri.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali.

2. Plank

Plank merupakan olahraga paling sederhana yang bisa anda lakukan di rumah. Dengan melakukan olahraga ini setiap hari dapat membakar kalori. Olahraga ini sangat cocok buat anda yang sering duduk dan bekerja di depan komputer secara terus menerus.

3. Jumping jack

Jumping jack merupakan olahraga kardio yang bisa dilakukan di mana pun anda berada. Olahraga jumping jack diyakini cara efektif untuk membakar kalori dan lemak, serta membantu meningkatkan imunitas tubuh.

3. Forward lunge

Olahraga yang satu ini bisa membantu anda membangun stabilitas, memperkuat tubuh bagian bawah, serta membentuk bokong. Berikut cara melakukan olahraga ini:

  • Sikap berdiri tegak, pastikan tubuh bagian atas tetap lurus dan bahu tetap relaks.
  • Majukan satu kaki ke depan, dan turunkan pinggul hingga kaki menekuk 90 derajat.
  • Pastikan lutut belakang tidak menyentuh lantai.
  • Lakukan dengan kaki lainnya dan ulangi dengan langkah yang sama.

5. Naik turun tangga

Olahraga ini terbilang sangat sederhana dan tidak memerlukan peralatan. Olahraga naik turun tangga bisa menjadi pilihan olahraga bagi anda selama di rumah.

Caranya tentu sangat mudah, anda hanya perlu untuk menaiki dan menuruni tangga selama beberapa kali. Lakukan olahraga ini selama kurang lebih 10 hingga 15 menit setiap hari. Dengan melakukan olahraga sederhana ini secara rutin, dapat membakar kalori dengan sangat efektif.

6. Hula hoop

Ternyata hula hoop juga dapat menjadi alternatif olahraga sederhana yang dapat dilakukan di rumah. Anda juga bisa mengajak anak anda untuk melakukan olahraga ini agar semakin produktif Bersama sang buah hati.

Meski terlihat sangat sederhana, olahraga yang dianggap hanya sebuah permainan ini ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Hula hoop memiliki manfaat untuk membentuk pinggul yang indah bagi wanita. Dan manfaat untuk pria, olahraga ini dapat melatih stamina bagian bawah tubuh.

7. Yoga

Yoga termasuk pilihan olahraga yang bisa anda lakukan di rumah. Olahraga ini tidak perlu melakukan gerakan yang rumit. Cukup dengan melakukan beberapa gerakan yoga sederhana yang sudah dipelajari sendiri tanpa pengawasan sang pelatih.

Melakukan yoga sederhana juga menjadi solusi untuk tetap sehat. anda bisa mencoba dengan beberapa gerakan sederhana di rumah seperti, tree pose, cat-cow dan mountain pose.

Peneliti dari Texas State University, Stacy Hunter, mengatakan bahwa kita setidaknya bisa melakukan pranayama atau teknik pernapasan yoga simpel. Olahraga ini dapat meregangkan otot dan membakar kalori untuk mengurangi berat badan.

Anda juga bisa mengajak anak anda untuk mengikuti Yoga ini dengan mudah, mesti tidak sempurna. Hal ini menjadikan momen kebahagiaan Bersama buah hati ketika di rumah saja.

8. Aerobik atau zumba

Olahraga sederhana yang bisa anda lakukan di rumah berikutnya yaitu olahraga aerobik dan zumba. Olahraga seperti zumba atau aerobik ini memang lebih menyenangkan jika dilakukan secara ramai dan dilakukan di luar rumah.

Bagi anda yang suka berolahraga sambil mendengarkan musik, Aerobik ini sangat cocok untuk anda lakukan di rumah agar tetap produktif untuk menjaga stamina tubuh.

Anda bisa memutar lagu dan panduan aerobik atau zumba di televisi atau gadget, agar terlihat seperti olahraga ditempat latihan, agar suasana lebih meriah dan bersemangat. Lakukan olahraga ini  kurang lebih selama 30 menit setiap sore hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Skipping atau lompat tali

Lompat tali merupakan olahraga sederhana yang bisa anda lakukan di rumah dengan simpel dan tidak memerlukan Teknik tertentu. Olahraga ini bisa membuat anda berkeringat dan juga meregangkan otot.

Lakukan olahraga ini setelah melakukan peregangan. Anda bisa melakukan olahraga ini antara 15 sampai 20 menit per hari jika kondisi tubuh masih kuat. Selain itu, jika anda mempunyai tali yang panjang, anda bisa bermain lompat tali dengan anak. Ikatkan tali di kedua sisi pintu atau bisa juga melakukan skipping bersama.

10. Jogging

Olahraga sederhana selanjutnya yaitu jogging. Jogging atau berlari tidak hanya bisa dilakukan di tempat umum atau di luar rumah. Anda juga bisa melakukan jogging di rumah dengan berlari di tempat atau menggunakan treadmill.

11. Push up dan sit up

Push up dan sit up merupakan olahraga ringan yang paling banyak dilakukan orang saat di rumah. Olahraga ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Push up dapat memperkuat otot lengan, sedangkan sit up baik untuk melatih dan membentuk perut.

Push up dan sit up ini bisa anda lakukan sendirian atau bisa juga dengan dua orang. Ajak anggota keluarga anda untuk melakukan olahraga push up dan sit up ini secara bersamaan agar semakin produktif meski di rumah saja.

12. Angkat beban

Angkat beban tidak hanya bisa dilakukan dengan datang ke tempat gym, anda juga bisa melakukan olahraga ini di rumah. Angkat beban yang sangat tren saat ini yaitu mengangkat galon isi. Namun jika anda tidak kuat, anda juga bisa menggunakan barbel kecil. Lakukan secara teratur untuk membuat anda lebih sehat.

Olahraga angkat beban ini bisa dengan peralatan lainnya yang ada di rumah, seperti timba yang berisi air atau sisa botol yang tidak terpakai.

13. Menari

Jika anda malas melakukan gerakan-gerakan kaku seperti olahraga di atas, anda bisa mencoba untuk menari. Cukup dengan memutar musik favorit sebagai pengiring gerakan-gerakan anda.

Menari bisa menjadi solusi lain untuk tetap bergerak dan hidup sehat saat berada di rumah. Olahraga ini lebih menyenangkan dan bebas.

14. Bersih-bersih rumah

Ternyata bersih-bersih rumah juga bisa dibilang sebuah olahraga sederhana. Tidak hanya menjaga rumah agar tetap bersih, namun tubuh anda tetap bergerak seperti berolahraga karena bisa mengeluarkan keringat dan tenaga. 

Sambil bersih-bersih, menaiki dan menuruni tangga bisa menjadi kombinasi olahraga yang bisa membakar kalori dan melatih otot kaki anda.

Demikian 14 olahraga simpel di rumah untuk jaga imunitas dan kekebalan tubuh. Dengan berolah raga, kegiatan kita di rumah lebih produktif, dan juga bisa menjaga tubuh tetap sehat. Imbangi dengan makan teratur dan makan-makanan yang bergizi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya