#TanyaDokter: Ciri-ciri Mimisan yang Berbahaya

dr. Indah Sandy Febryanti – dokter umum di RS Pondok Indah
Sumber :
  • Dokumentasi RS Pondok Indah

VIVA – Mimisan atau keluarnya perdarahan yang terjadi di lubang hidung bisa dialami siapa saja. Penyebab mimisan bisa beragam, mulai dari yang ringan dan bisa ditangani secara mandiri sampai yang berat dan perlu mendapatkan penanganan khusus.

Akupunktur Sebagai Pengobatan Paliatif Kanker

Mimisan atau dalam istilah medis epistaksis merupakan kondisi yang dapat terjadi pada siapa pun dan bisa terjadi tiba-tiba, sehingga penting untuk mengetahui bagaimana ciri-ciri mimisan yang berbahaya dan perlu segera mendapatkan penanganan khusus medis. 

Menjawab hal tersebut, lewat sesi #TanyaDokter,  dr. Indah Sandy Febryanti – dokter umum yang berpraktik di RS Pondok Indah – Pondok Indah akan menjawab pertanyaan dari pembaca VIVA mengenai masalah mimisan. 

Sering Mimisan? Bisa Jadi Tanda Penyakit Kanker yang Perlu Diwaspadai

Tanya: Dok, ciri mimisan yang berbahaya seperti apa?

Jawab: Ciri Ciri mimisan yang berbahaya atau yang harus segara dibawa ke rumah sakit adalah pertama, jika jumlah darah yang dikeluarkan terlalu banyak. Karena bisa mengganggu aliran udara untuk bernafas dan bisa membuat pasien menjadi sesak, maka jika terjadi mimisan dengan kondisi seperti ini, segera konsultasi ke dokter.

Jangan Abai Sering Mimisan Hingga Pusing, Bahaya Hipertensi Mengintai

Yang ke-dua, jika durasi atau waktu mimisan lama sekali, biasanya bila mimisan simpel atau sederhana, dalam waktu 10-20 menit itu perdarahan akan berhenti dengan sendirinya. Namun jika berlangsung lebih lama dari durasi itu segera bawa ke rumah sakit untuk dapat penanganan medis. 

Baca Juga: Cek 10 Mitos dan Fakta Seputar Olahraga Selama Masa Pandemi COVID-19

Yang ke-tiga, mimisan yang terjadi segera setelah terjadi benturan di area wajah dan kepala ini juga harus diwaspadai. Segera bawa ke rumah sakit karena kita harus tahu segera penyebabnya, sumber perdarahannya dari mana dan penanganan lebih lanjutnya seperti apa.

Yang ke-empat, mimisan yang terjadi pada anak kecil, yang memasuki benda asing pada hidungnya atau benda lain, ini juga bisa berbahaya. Harus segara diatasi dan dicari tahu segera. Kemudian,  mimisan juga bisa terjadi setelah mengkonsumsi obat-obatan tertentu, itu juga harus segera diatasi

Lalu, mimisan yang harus diwaspadai lainnya, jika disertai perdarahan di daerah lain, atau ada muntah darah harus dicari tahu apakah ini sebuah masalah serius, sehingga harus dilakukan pemeriksaan khusus. 

Selain masalah mimisan, ada lagi pembahasan kesehatan lainnya yang wajib kamu tahu. Pertanyaan para pembaca laiinnya juga dijawab oleh dokter dari Rumah Sakit Pondok Indah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya