Lada Hitam, Bisa Jadi Kunci Cegah Kolesterol Hingga Kanker

Lada hitam.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Penelitian menunjukkan bahwa diet memegang kunci dan item tertentu telah menjanjikan dalam mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh dua pembunuh terbesar yakni penyakit jantung dan kanker. Faktanya, makanan tertentu memiliki sifat yang menawarkan perlindungan terhadap keduanya, seperti lada hitam.

Ternyata Buah Delima Punya Manfaat untuk Sembuhkan Kanker, Benarkah?

Dikutip dari Express UK, bumbu populer ini dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol darah, sebagai penanda penyakit jantung. Kolesterol sendiri adalah zat lemak dalam darah yang dapat menyumbat arteri jika menumpuk

Cegah penyakit jantung

Angger Dimas Ungkap Alasan Sang Ibunda Dimakamkan Dekat Makam Dante

Ekstrak lada hitam telah dipelajari pada hewan karena potensinya untuk menurunkan kadar kolesterol. Dalam satu penelitian selama 42 hari, tikus yang diberi diet tinggi lemak dan ekstrak lada hitam telah menurunkan kadar kolesterol darah, termasuk kolesterol LDL atau kolesterol jahat, bentuk kolesterol paling berbahaya.

Selain itu, lada hitam dan piperine (bahan aktif dalam lada hitam) dipercaya dapat meningkatkan penyerapan suplemen makanan yang memiliki potensi efek penurun kolesterol seperti kunyit dan beras ragi merah. Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa lada hitam dapat meningkatkan penyerapan komponen aktif kunyit, kurkumin, hingga 2 ribu persen.

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Jangan Panik, Ini 5 Tips Menurunkannya

Baca juga: Khasiat Bawang Merah Mentah, Jaga Imunitas Hingga Turunkan Kolesterol?

Cegah beragam kanker

Selain itu, Peneliti berhipotesis bahwa senyawa aktif dalam lada hitam, piperine, mungkin memiliki sifat melawan kanker. Meskipun tidak ada uji coba pada manusia yang telah dilakukan, studi tabung reaksi menemukan bahwa piperine memperlambat replikasi sel kanker payudara, prostat, dan usus besar dan menyebabkan kematian sel kanker.

Studi tabung reaksi lainnya menyaring 55 senyawa dari rempah-rempah dan mengamati bahwa piperin dari lada hitam adalah yang paling efektif dalam meningkatkan kemanjuran pengobatan tradisional untuk kanker payudara triple-negatif, jenis kanker yang paling agresif.

Terlebih lagi, piperin telah menunjukkan efek yang menjanjikan dalam penelitian laboratorium untuk membalikkan resistensi multidrug pada sel kanker, masalah yang mengganggu keefektifan pengobatan kemoterapi.

Pola hidup sehat

Penting untuk dicatat bahwa lada hitam sudah seharusnya menjadi salah satu bagian dari pendekatan Anda secara keseluruhan untuk makan sehat. Panduan Eatwell menunjukkan bahwa untuk memiliki pola makan yang sehat dan seimbang.

Pola tersebut adalah, makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari. Makan berdasarkan makanan tinggi serat seperti kentang, roti, nasi atau pasta. Miliki beberapa alternatif susu atau susu seperti minuman kedelai. Makan kacang-kacangan, kacang-kacangan, ikan, telur, daging, dan protein lainnya. 

Pilih minyak tak jenuh dan olesan, dan makanlah dalam jumlah kecil. Minum banyak cairan, setidaknya enam hingga 8 gelas sehari.

Olahraga juga penting jika Anda ingin hidup sehat dan memuaskan di usia tua. Bagi kebanyakan orang, cara termudah untuk bergerak adalah menjadikan aktivitas sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, seperti berjalan kaki atau bersepeda daripada menggunakan mobil untuk berkeliling.

"Untuk tetap sehat, orang dewasa harus mencoba untuk aktif setiap hari dan bertujuan untuk mencapai setidaknya 150 menit aktivitas fisik selama seminggu melalui berbagai aktivitas," saran NHS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya