Studi: Kebanyakan Orang Tua Tidak Ingin Mengobati Depresinya

Ilustrasi lansia
Sumber :
  • Pixabay/geralt

VIVA – Sebuah studi menyebutkan hampir dua pertiga (61 persen) orang di Amerika Serikat berusia 65 atau lebih, yang memiliki kekhawatiran tentang depresi, namun mereka tidak akan mencari pengobatan.

Idap Gejala Stroke Akibat Diabetes, Willy Dozan Ungkap Kondisi Betharia Sonata: Sarafnya Lemah

Sebuah jajak pendapat yang dilakukan GeneSight Mental Health Monitor, menunjukkan bahwa 33 persen lansia yang khawatir bahwa mereka mungkin menderita depresi, percaya bahwa mereka dapat 'menghentikannya' sendiri.

"Saya menemukan orang dewasa yang lebih tua mengalami kesulitan untuk mengakui bahwa mereka mengalami depresi. Ketika mereka mengakuinya, mereka masih enggan untuk memulai pengobatan karena berbagai alasan," kata penulis studi Parikesit Deshmukh, CEO, Balanced Wellbeing LLC di Amerika Serikat dilansir dari Times of India.

Bisa Ancam Nyawa, Perhatikan Tanda Mencolok Anak yang Alami Lupus

Balanced Wellbeing LLC menyediakan layanan psikiatri dan psikoterapi untuk perawatan dan fasilitas hidup berbantuan. Menurut survei, 61 persen responden yang khawatir mereka mungkin mengalami depresi tidak akan menanganinya karena "masalah saya tidak seburuk itu".

Sekitar empat dari 10 (39 persen) dari mereka berpikir bahwa mereka dapat mengelola depresi tanpa bantuan dokter.

Ibu Hamil dengan Lupus Bisa Menular ke Anaknya?

"Pola pikir menarik diri Anda dari beberapa senior dan keengganan untuk berbicara tentang kesehatan mental menghalangi mereka untuk mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan," kata Mark Pollack dari Myriad Neuroscience, pembuat tes GeneSight.

Ia menambahkan "Orang akan mencari pengobatan untuk kondisi seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi atau diabetes. Depresi juga demikian. Ini adalah penyakit yang dapat dan harus diobati," tutur Pollack.

Vicky Prasetyo

Vicky Prasetyo Dilarikan ke RS, Sederet Artis Beri Doa

Kabar tidak sedap datang dari presenter sekaligus komedian Vicky Prasetyo. Saat ini, ia tengah dirawat di rumah sakit. Informasi itu disampaikan dalam unggahan di akun IG

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024