Segini Harga Vaksin COVID-19 Moderna

Ilustrasi vaksin.
Sumber :
  • Freepik/jcomp

VIVA – Vaksin COVID-19 Moderna dibanderol sekitar US$25 atau sekitar Rp350 ribu per dosisnya pada tiap individu yang diimunisasi nantinya. Kisaran harga tertinggi pada dosis vaksin asal Amerika Serikat ini senilai US$37 atau sekitar Rp520 ribu.

Deretan Penyakit Ini Rentan Dialami Jemaah Haji dan Umrah, Wajib Vaksin Sebelum ke Tanah Suci!

Kisaran harga tersebut bergantung pada jumlah vaksin yang dipesan oleh tiap instanti di berbagai negara. Hal itu diungkap oleh Kepala Eksekutif Stephane Bancel.

"Karena itu, biaya vaksin kami hampir sama dengan vaksin flu sebelumnya, yaitu antara US$10 dan US$50," kata Stephane seperti dikutip dari laman Fox Bussines.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

Baca juga: Ada yang Harus Dibenahi Sebelum Vaksin COVID-19 Diluncurkan

Diketahui, hasil penelitian Moderna tercatat, vaksin eksperimentalnya 94,5 persen efektif dalam mencegah COVID-19. Hasil itu berdasarkan data sementara dari uji klinis tahap akhir pada beberapa relawan.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

Jika vaksin ini memang terbukti efektif dan aman, maka akan menjadi pengembang kedua yang melaporkan hasil yang jauh melebihi harapan setelah vaksin COVID-19 buatan Pfizer dan mitranya BioNTech.

Untuk vaksin COVID-19 dari Pfizer, disebutkan aman dan efektif hingga 95 persen cegah penyakit menular itu.

Di Indonesia, kandidat vaksin yang telah menjalani uji klinis yaitu dari perusahaan Sinovac, China. Sebanyak 1.620 relawan telah diberikan suntikan pertama sejak Agustus 2020 lalu dan tak tercatat efek samping berbahaya.

Baca juga: Vaksin Dinilai Terbukti Cegah Kematian, Masyarakat Jangan Takut?

Suntikan kedua sudah mulai dilakukan pada sebagian besar relawan. Jika hasil uji klinis kedua terbukti efektif dan aman, diperkirakan pada Januari 2021 mendatang pihak Badan POM RI memberikan ijin edar darurat atau Emergency Use Authorization (EUA).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya