Inilah Alasan Tidak Boleh Mencuci Ayam Mentah

Mencuci ayam mentah
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Mencuci ayam mentah setelah membelinya merupakan ritual yang biasa dilakukan kebanyakan orang. Namun tahukah Anda bahwa aktivitas mencuci ayam yang tidak berbahaya ini bisa berbahaya bagi kesehatan Anda?

5 Benefits of a Month Without Drinking Alcohol

Mencuci ayam mentah sebelum dimasak lebih berbahaya daripada kebaikan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan bahwa mencuci ayam sebelum dimasak tidak hanya tidak perlu tetapi juga dapat menyebarkan kuman.

Dalam tweetnya, CDC mengatakan, "Jangan cuci ayam mentah Anda! Mencuci dapat menyebarkan kuman dari ayam ke makanan atau peralatan lain di dapur.”

CDC Issues Malaria Outbreak Warning in Florida and Texas

Dalam tweet lain, organisasi AS itu juga menjelaskan mengapa mencuci ayam mentah harus dihindari dengan segala cara. Dinyatakan bahwa kuman yang ada pada ayam dibunuh dengan memasak dan bukan dengan mencuci. Jadi, dengan membilas ayam mentah di bawah air hanya bisa menyebarkan kuman dan tidak bisa membilasnya.

AS Keluarkan Peringatan Wabah Malaria

Tweet itu berbunyi, “Kami tidak bermaksud membuat Anda panas karena tidak mencuci ayam! Tapi itu benar: bunuh kuman dengan memasak ayam secara menyeluruh, bukan mencucinya. Anda tidak boleh mencuci unggas, daging, atau telur sebelum dimasak. Mereka semua bisa menyebarkan kuman di sekitar dapur Anda. Jangan mengabaikan keamanan pangan! "

Penyebar kuman

CDC mengatakan ayam adalah daging yang paling banyak dimakan orang Amerika. Tetapi ayam mentah terkadang terkontaminasi oleh bakteri berikut: Salmonella, Clostridium perfringens, dan Campylobacter. 

"Jika Anda makan ayam setengah matang atau makanan atau minuman lain yang terkontaminasi oleh ayam mentah atau jusnya, Anda bisa terkena penyakit bawaan makanan, yang juga disebut keracunan makanan," jelas CDC. 

Apabila meletakkan ayam mentah di bak cuci untuk mencucinya, segala jenis kuman atau bakteri yang ada pada ayam dapat berpindah ke bak cuci dan peralatan lainnya juga. 

Jika Anda kemudian menggunakan salah satu peralatan tersebut, Anda bisa mengalami keracunan makanan dari kontak tidak langsung yang Anda buat dengan ayam mentah.

Bagaimana cara memastikan ayam bebas dari kuman?

Pastikan ayam sudah matang dengan benar sebelum dimakan. Selalu cuci pisau dan talenan yang digunakan untuk memotong ayam, sebelum digunakan kembali untuk memotong sayuran lainnya.

"Jangan pernah meletakkan makanan yang dimasak atau produk segar di atas piring, talenan, atau permukaan lain yang sebelumnya menampung ayam mentah," kata CDC.

Terakhir, cuci tangan dengan sabun setelah memotong ayam sebelum melanjutkan memotong sayuran lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya