Kembang Kol vs Brokoli: Mana yang Lebih Sehat?

Kembang kol dan brokoli
Sumber :
  • Times of India

VIVA – Baik kenangan makan siang masa kecil Anda atau upaya untuk makan sehat, kita semua tahu pentingnya makan makanan rendah karbohidrat, terutama sayuran. Kembang kol dan brokoli,  adalah dua sayuran paling serbaguna dan sehat yang bisa temukan di pasaran.

8 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan, Bisa Meredakan Gejala Menopause

Kedua sayuran ini memiliki bobot rendah karbohidrat, kaya akan antioksidan dan beberapa profil nutrisi. Profil nutrisi yang kuat mungkin membingungkan sebagian orang sehingga berpikir bahwa mereka memang membawa manfaat kesehatan yang sama.

Meskipun terlihat agak mirip dan memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa, baik brokoli maupun kembang kol memiliki cukup banyak perbedaan (termasuk perbedaan warna yang jelas). Faktanya, Anda akan terkejut mengetahui bahwa ada beberapa perbedaan penting di antara keduanya!

Anak Puasa Hingga Ikut Mudik? Ini 4 Tips Jaga Kesehatan Buah Hati Jelang Lebaran

Meskipun sama-sama menguntungkan untuk memasukkan kedua sayuran akar ini ke dalam makanan, pernahkah Anda bertanya-tanya, manakah di antara keduanya yang menjamin manfaat yang lebih besar?

Dikutip dari Times of India, ada perbedaan nutrisi antara brokoli dan kembang kol.  Tidak dapat disangkal fakta bahwa kembang kol dan brokoli adalah sayuran yang sangat sehat.

Bantah Aturan Makan 3 Kali Sehari, Zaidul Akbar: Di Kitab Gizi Manapun Tidak Ada Anjuran Itu

Kedua sayuran tersebut tidak hanya rendah kalori, tetapi juga memiliki sejumlah vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan yang baik. Kandungan serat dan Vitamin C pada sayuran khususnya jauh lebih tinggi dibandingkan sayuran lainnya. 

Photo :
  • Pinkvilla

Sementara serat membantu pencernaan dan menghilangkan racun dari tubuh, vitamin C yang kaya baik untuk melawan infeksi, memperkuat kekebalan, memperbaiki luka dan membuat kulit Anda bersinar.

Selain itu, kedua sayuran ini juga kaya akan beberapa jenis makro dan mikronutrien, antara lain folat, kalium, mangan.

Bicara nilai gizi, 1 cangkir kembang kol mentah mengandung:
Kalori: 27
Karbohidrat: 5,5 gram
Serat: 2 gram
Protein: 2 gram
Vitamin C: 57% AKG
Vitamin B-6: 14% AKG
Folat: 15% AKG
Vitamin E: 1% AKG

Sementara itu, secangkir brokoli mentah memiliki peringkat lebih tinggi dalam hal profil nutrisinya:
Kalori: 31
Karbohidrat: 6 gram
Serat: 2,5 gram
Protein: 2,5 gram
Vitamin C: 90% AKG
Vitamin B-6: 9% AKG
Folat: 14% AKG
Vitamin E: 3% AKG

Ada juga perbedaan nutrisi yang cukup besar di antara keduanya. Misalnya, brokoli mengandung vitamin C dan K dalam dosis lebih tinggi dibandingkan dengan kembang kol.

Sedangkan kembang kol memiliki kandungan asam pantotenat dan vitamin B-6 yang lebih tinggi. Meskipun demikian, penting untuk memasukkan kedua sayuran ini ke piring makan Anda. 
Berikut ini beberapa manfaat kesehatan:

Kembang kol telah menjadi sayuran favorit, semua berkat sifat rendah karbohidratnya. Dari kulit pizza hingga nasi kembang kol, para pelaku diet suka mengunyah khasiat bergizi kembang kol. Ini juga merupakan sayuran yang ramah Keto, yang membuatnya, dan jumlah resepnya semakin populer.

Antioksidan membantu regenerasi sel, memperlambat penuaan dan menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Jika Anda mencari makanan kaya antioksidan untuk dimasukkan, tidak perlu mencari lebih jauh dari brokoli. 

Photo :
  • U-Report

Sayuran hijau mengandung senyawa yang dikenal sebagai 'sulforaphane' yang telah dipelajari untuk menurunkan peradangan, kadar gula darah, meningkatkan kesehatan mata dan mendukung kehidupan yang baik seiring bertambahnya usia.

Demikian pula kembang kol juga mengandung antioksidan kuat dan kuat yang memiliki kemampuan membersihkan dan memperkuat fungsi sel.

Meskipun sebagian besar sayuran baik untuk jantung, kembang kol dan brokoli membantu melawan radikal bebas dan membagikan manfaat luar biasa untuk kesehatan jantung Anda.

Faktanya, Anda akan terkejut mengetahui bahwa orang yang makan lebih banyak sayuran silangan cenderung memiliki risiko lebih rendah untuk tertular atau mengalami komplikasi jantung daripada mereka yang tidak.

Sayuran yang ramah usus

Mempromosikan kesehatan usus yang baik lebih dari sekadar pencernaan yang sehat dan bahagia. Usus kita adalah organ vital yang memastikan kelancaran fungsi banyak fungsi tubuh - termasuk kesehatan otak dan kekebalan yang optimal. Baik kembang kol dan brokoli membantu memastikan keseimbangan bakteri baik di saluran pencernaan. 

Kandungan serat yang kaya juga bisa mengatasi masalah pencernaan dan mengurangi risiko penyakit apa pun. Selain itu, serat juga membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengendalikan diabetes tipe-2 juga.

Dapat menurunkan resiko kanker

Sementara penelitian tentang hal yang sama masih berlangsung, beberapa ahli percaya bahwa konsumsi dua sayuran silangan terkait dengan risiko yang lebih rendah dari jenis kanker tertentu termasuk kanker ovarium, perut, kolorektal dan prostat.

Penangkal polusi

Ada penelitian kuat untuk membuktikan bahwa sayuran cruciferous dapat membantu mengelola efek samping polusi yang mengerikan dan kualitas udara yang buruk. Brokoli khususnya bisa menjadi bantuan alami yang baik melawan polusi. S

Sebuah penelitian yang dilakukan di China menemukan bahwa kecambah brokoli sangat membantu dalam melawan dan mendetoksifikasi polutan udara dari akar. 

Baik kembang kol dan brokoli menjamin manfaat kesehatan yang kuat dan memiliki perbedaan kecil yang membedakan keduanya. Sulit untuk menentukan sayuran mana yang lebih baik dari yang lain. Kedua sayuran tersebut dapat menjadi tambahan yang bergizi dan sehat untuk diet Anda.

Sayuran mana yang lebih baik untuk Anda sangat bergantung pada tujuan dan preferensi Anda. Misalnya, jika Anda sedang memikirkan penurunan berat badan atau makan makanan rendah karbohidrat, tidak ada pilihan yang lebih baik selain kembang kol. 

Namun, jika Anda khawatir tentang menambahkan variasi vitamin dan mineral ke dalam makanan Anda, brokoli dapat mengungguli kembang kol, karena peringkatnya sedikit lebih tinggi.

Meskipun demikian, ingatlah bahwa Anda tidak bisa salah memasukkan dua sayuran ini ke dalam makanan Anda. Cobalah untuk memiliki porsi teratur sayuran silangan ini (4-5) dalam seminggu, bersama dengan sayuran, buah-buahan dan makanan penting lainnya untuk mendapatkan manfaat kesehatan terbaik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya