Urine Berbau Menyengat? Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini

Ilustrasi toilet.
Sumber :
  • pixabay/ jakobing85

VIVA – Kondisi sistem perkemihan setiap orang sangat beragam. Maka dari itu, wajar bila Anda memproduksi urine dengan warna, bau, maupun jumlah yang berbeda dari orang lain.

Bahaya Dibalik Segarnya Sop Buah, Hati-Hati Diabetes dan Obesitas Mengintai

Namun, Anda perlu memperhatikan bau urine Anda mulai saat ini. Sebab, bisa jadi bau urine Anda menandakan suatu penyakit.

Faktor lain seperti kesehatan, asupan cairan, serta makanan dan konsumsi obat juga turut memengaruhi urine yang dikeluarkan.

Kemenkes Khawatir Pembiayaan Penyakit Ginjal Meningkat Karena Hal Ini

Namun, baru-baru ini seorang dokter NHS membuat sebuah video TikTok tentang bau urine yang perlu mendapat perhatian khusus oleh masyarakat.

Dalam video TikTok, Dr Omon Imohi @dromonimohi memberi tahu pengikutnya tentang penyebab bau busuk urine yang tidak berbahaya dan lainnya, yang mungkin mengindikasikan penyakit, seperti infeksi atau diabetes.

Ancaman Tersembunyi: Penyakit Ginjal Diprediksi Masuk 5 Besar Penyebab Kematian Global di 2045!

"Anda mengalami dehidrasi, Anda makan sesuatu dengan bau yang kuat. Makanan tertentu dapat menyebabkan ini. Anda mungkin menderita diabetes atau pra-diabetes, Anda memiliki infeksi saluran kemih (ISK), Anda memiliki IMS, Anda menggunakan produk jelek, Anda memiliki batu ginjal," tulis dia, dikutip adri Daily Star, Sabtu, 19 Juni 2021.

Lebih lanjut, dia menyebut, bau urine juga bisa disebabkan oleh perubahan normal pada hormon untuk wanita yang sedang hamil atau berovulasi.

"Anda menggunakan kateter, Anda mengalami infeksi jamur, Anda hamil, hormon yang diproduksi selama kehamilan dapat menyebabkannya, Anda berovulasi, hormon menyebabkan ini. Cari saran medis jika urine Anda berbau tidak normal," katanya di akhir video.

Video itu ditonton lebih dari 200.000 kali dan banyakorang berkomentar dengan pengalaman mereka sendiri tentang bau urine yang tidak menyenangkan.

"Putri saya mengatakan bahwa kencingnya berbau seperti gula kepulan sebelum dia didiagnosis menderita gagal ginjal," tulis netizen.

"Terlalu banyak kopi bikin kencing bau," komentar yang lain.

"Ketika saya minum antibiotik juga. Waktu lain saya minum tetrasiklin dan baunya busuk," komentar netizen.

Dalam komentarnya, dokter menambahkan bahwa asparagus juga merupakan penyebab umum bau urine yang sangat menyengat sehingga disebut "urine asparagus".

Namun, urine berbau adalah sesuatu yang biasanya tidak perlu dikhawatirkan.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu buang air kecil kembali normal, seperti minum lebih banyak air. Terutama setelah berolahraga dan saat cuaca panas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya