8 Cara Mencegah Virus Corona, Efektif Turunkan Risiko Infeksi

Ilustrasi virus corona.
Sumber :
  • Freepik/pikisuperstar

VIVA – Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dan orang sekitar dari paparan virus COVID-19. Pasalnya, dengan memahami bagaimana cara mencegah virus Corona bisa mengurangi risiko Anda dan orang terdekat  agar tidak mudah terinfeksi.

Mobil Pelat Merah di Gorontalo Bawa Miras 1 Ton Ditangkap Polisi

Apalagi, saat ini jumlah kasus COVID-19 di Indonesia sedang mengalami lonjakan, sehingga Pemerintah pun harus kembali menerapkan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Selain Pemerintah, masyarakat tentunya juga harus ikut serta untuk mengurangi jumlah kasus infeksi di Indonesia saat ini agar aktivitas normal dapat kembali dilakukan.

AstraZeneca Tarik Vaksin COVID-19 di Seluruh Dunia, Ada Apa?

Bagaimana cara mencegah virus Corona?
Dikutip dari laman resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), berikut ini 8 hal yang Anda bisa lakukan untuk mencegah penularan COVID-19.

1. Memakai masker
Memakai masker di dalam dan luar ruangan merupakan aturan wajib yang harus ditaati. Aturan ini berlaku untuk seluruh masyarakat, baik yang sudah divaksin penuh maupun belum. Saat memakai masker, CDC mengimbau untuk memastikan Anda menutupi hidung dan mulut.

Bareskrim Tangkap 142 Tersangka dan Minta Blokir 2.862 Website Judi Online

2. Jaga jarak
Saat di dalam rumah, Anda diimbau untuk menjaga jarak dari orang yang sakit, minimal satu meter. Saat di rumah, Anda juga harus menerapkan aturan ini dengan orang lain, terutama yang tidak Anda kenal. Perlu diingat bahwa sejumlah orang yang positif COVID-19 tidak menunjukkan gejala apapun.

3. Vaksinasi
Cara paling efektif lainnya yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir risiko terpapar virus COVID-19 adalah dengan mendapatkan vaksinasi. Sebab, vaksin yang saat ini tersedia bisa melindungi Anda dari virus ini.

4. Hindari keramaian dan ruangan tertutup
Berada pada keramaian di ruang tertutup, seperti restoran, gym, dan bioskop bisa meningkatkan risiko Anda terkena virus ini. Jika memungkinkan, pastikan ruangan di sekitar memiliki sirkulasi udara yang baik melalui jendela dan pintu terbuka.

5. Rutin mencuci tangan
Mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik, terutama apabila Anda habis dari luar, batuk, dan bersin, bisa meminimalisir risiko tertular COVID-19. Mencuci tangan penting dilakukan saat:

Sebelum makan dan menyiapkan makanan
Sebelum menyentuh wajah
Setelah buang air
Setelah dari luar
Setelah batuk dan bersin
Setelah menyentuh masker
Setelah mengurus orang sakit
Setelah menyentuh hewan peliharaan.
Jika di sekitar Anda tidak ada sabun, Anda bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.

6. Tutup mulut saat batuk dan bersin
Jika Anda menggunakan masker, Anda bisa batuk dan bersin di dalam masker. Namun, pastikan masker tersebut merupakan masker baru yang bersih. Ketika sedang tidak mengenakan masker, pastikan Anda menutup mulut saat bersin dan batuk dengan lengan bagian dalam.

7. Menjaga kebersihan
Menjaga kebersihan dengan  menyemprotkan disinfektan secara rutin di permukaan benda, seperti gagang pintu, saklar lampu, ponsel, laptop, dan lainnya juga merupakan cara mencegah virus Corona lainnya. 

8. Menjaga kesehatan
Terakhir, pastikan Anda terus memantau dan menjaga kesehatan. Waspadai apabila muncul gejala seperti batuk, demam, sulit bernapas, dan gejala lainnya. Dengan memahami bagaimana cara mencegah virus Corona, maka diharapkan jumlah kasus COVID-19 saat ini bisa terus menurun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya