Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen Pasien COVID-19 di Rumah

Proning Position
Sumber :
  • Tangkapan layar youtube/UConn Health

VIVA – Penurunan level oksigen dalam darah merupakan hal yang sering kali dialami oleh pasien COVID-19, mulai dari pasien bergejala ringan hingga berat. Saat isolasi mandiri di rumah, terdapat sejumlah cara meningkatkan saturasi oksigen bagi pasien COVID-19.

Simak, Begini Cara Kerja Manajer Investasi Reksa Dana

Saturasi oksigen merupakan jumlah oksigen yang terdapat dalam darah. Jumlah oksigen ini merupakan indikator yang menentukan seberapa baik tubuh bisa menyalurkan oksigen dari paru-paru ke sel darah.

Biasanya, kadar oksigen dalam tubuh diukur menggunakan alat bernama oximeter dengan cara menjepitkan jari ke alat tersebut.

Mengatasi Ketakutan Anak Sebelum Sunat, Inovasi Klinik Sunat dengan Permainan dan Teknologi

Persentase saturasi oksigen yang normal pada anak, orang dewasa, dan lansia adalah 95-100 persen. Apabila oximeter menunjukkan angka di bawah 95 persen, maka tindakan untuk mengembalikan kadar oksigen ke angka normal harus dilakukan.

Bagaimana cara meningkatkan saturasi oksigen bagi pasien COVID-19 di rumah?

Cari Orang Hilang dengan Google Maps, Begini Caranya

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan teknik proning. Teknik ini bertujuan untuk meningkatkan kebutuhan tubuh akan oksigen. Cara melakukannya pun cukup mudah dan sederhana.

Bahkan, pasien tidak membutuhkan alat apapun dan hanya membutuhkan tiga buah bantal untuk mengganjal tubuh saat menerapkan posisi proning. Berikut tiga posisi proning yang bisa Anda coba untuk meningkatkan saturasi oksigen di rumah.

Prone positioning

Prone positioning merupakan posisi di mana pasien tengkurap di atas bantal yang diletakkan di bagian leher, panggul, dan kaki. Agar kadar oksigen bisa kembali normal, pasien bisa bertahan pada posisi ini selama 30 menit.

Side lying down

Sebenarnya, posisi ini mirip dengan prone positioning. Hanya saja, posisi pasien bukan tengkurap, melainkan menyamping ke arah kanan. Posisi bantal pun masih tetap diletakkan pada kepala, pinggang, dan kaki.

Sitting up

Selain tiduran, pasien COVID-19 juga bisa merebahkan badan dalam posisi setengah duduk. Pasien bisa meletakkan bantal yang ditumpuk ke atas, kemudian bersandar pada bantal tersebut.

Selain mencoba teknik proning, cara meningkatkan saturasi oksigen lainnya adalah dengan melakukan latihan pernapasan, yakni dengan menarik napas dalam dan menghembuskannya secara perlahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya