Pengertian Body Shaming dan Dampaknya Jika Terjadi

Body shaming
Sumber :
  • waldeneatingdisorders.com

VIVA – Kabar kurang menyenangkan terjadi pada Nurul Akmal, lifter putri Indonesia. Videonya viral lantaran terdengar dari seseorang yang terdengar melakukan body shaming terhadap Nurul Akmal saat tiba di Bandara Soekarno-Hatta. 

Gak Kalah Nyinyir, Rizky Billar Balas Netizen yang Body Shaming Lesti Kejora: Hidup Lu Melarat!

Lifter putri Indonesia Nurul Akmal mendapat perlakuan kurang menyenangkan setibanya di Tanah Air. Amel, sapaan akrabnya, menjadi salah satu yang disambut Menpora Zainudin Amali karena prestasinya menembus peringkat lima di Olimpiade Tokyo 2020.

Berbicara body shaming, banyak diantara kita masih kurang paham tentang body shaming. Berikut pengertian body shaming dan dampaknya jika terjadi pada seseorang.

Teuku Ryan Balas Tudingan Body Shaming Ria Ricis: "Dia Juga Pernah Komentari Penampilan Saya!"

Pengertian Body Shaming

Body shaming merupakan sebuah tindakan buruk yang tanpa disadari bisa mengikis kepercayaan diri seseorang. Body shaming adalah suatu perilaku mengkritik atau mengomentari fisik atau tubuh diri sendiri maupun orang lain dengan cara yang negatif. 

Canda ke Ria Ricis untuk Lebih Berisi, Teuku Ryan: Lebih Enak Peluk

Baik itu mengkritik tentang tubuh gendut, kurus, pendek, atau tinggi, sama seperti saat Anda melakukan bullying secara verbal.

Bukan hanya akan membuat tidak percaya diri seseorang, namun korban body shaming pada umumnya juga akan menarik diri dari keramaian untuk menenangkan diri.

Ciri-ciri melakukan body shaming

  • Merasa lebih baik dari orang-orang yang obesitas atau memiliki kelebihan berat badan

Hal ini sering terjadi Ketika kita jarang bertemu dengan seseorang, namun Ketika Ketika bertemu dan melihat postur tubuhnya yang berubah, tanpa kita sadari kita mengkritiknya. Hal tersebut termasuk body shaming yang mungkin tidak kita sadari.

  • Sering mencela dan mengomentari bentuk tubuh orang gemuk dan berlindung dibalik kata “bercanda” untuk menetralkan perilaku negatifnya

Mengomentari bentuk tubuh tidak terjadi pada teman yang kita kenal saja, namun ada juga orang disekitar kita yang tidak kita kenal melakukan hal tersbut. Biasanya pelaku mengatakan hanya sekedar bercanda, dilain sisi korban body shaming akan merasa sakit hati.

  • Menggunakan bentuk tubuh orang lain sebagai usaha untuk terlihat lucu di depan orang lain

Anda pernah bercanda dengan teman-teman untuk terlihat lucu mengomentari tubuh seseorang? Hal ini juga termasuk body shaming loh.

  • Membiarkan orang lain memberikan celaan atau komentar negatif seputar bentuk tubuh seseorang

Jangan membiarkan orang lain mengkritik negative bentuk tubuh seseorang. Karena ini juga termasuk body shaming yang tidak kita sadari.

  • Melihat badan langsing atau ideal sebagai bukti kesuksesan, keberhasilan mengontrol diri, dan ukuran kebahagiaan

Merasa puas dengan body goals? Jangan pamer jika hal ini sebagai kesuksesan menjaga diri agar terlihat sempurna. Body shaming ini akan dirasakan oleh teman sekitar kita yang merasa tubuhnya tidak sebagus pelaku body shaming.

  • Menilai orang lain berdasarkan ukuran tubuhnya

Pernah tidak anda menilai seseorang dari bentuk tubuhnya? Hal ini termasuk body shaming juga loh. Misal memilih pertemanan, kebanyakan dari kita akan memilih berteman dengan orang yang sepadan, atau memiliki bentuk standar.

Hal ini pasti sering dirasakan oleh mereka yang memiliki berat badan berlebih atau memiliki fisik yang tidak wajar untuk menyendiri dan mengurangi pergaulan.

Dampak body shaming

Terdapat beberapa dampak jika kita melakukan body shaming

  • Membuat orang menjadi tidak percaya diri dan merasa insecure.
  • Korban body shamming akan menutup diri dan lebih senang menyendiri.
  • Membuat korban body shaming tidak berkembang.
  • Melakukan hal ekstrem untuk memperbaiki kondisi fisiknya.
  • Melakukan self-harm hingga bunuh diri.

Itulah pengertian tentang body shaming, ciri-ciri dan dampaknya ketika kita melakukan body shaming terhadap seseorang. Mulai sekarang hindari hal-hal yang mengandung body shaming ya. Karena tanpa kita sadari, kita sering kali melakukan body shaming dengan siapapun. Karena dampak body shaming sangat membahayakan diri seseorang, dan menurunkan mental kesehatannya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya