12 Makanan Ini Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Brokoli.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Buat kamu yang sedang menderita hipertensi, 12 makanan ini mampu menurunkan tekanan darah tinggi untuk menghindari dari berbagai komplikasi.

Makan Burger dari Restoran Terkenal di Arab Saudi, 75 Orang Keracunan

Hipertensi merupakan kondisi yang terjadi dalam jangka panjang. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menimbulkan banyak komplikasi, mulai dari stroke hingga serangan jantung yang dapat mengancam nyawa.

Untuk mencegah komplikasi tersebut, hipertensi perlu dikendalikan dengan pola hidup sehat yang konsisten. Salah satu caranya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Berikut telah kami rangkum berbagai makanan yang bisa menurunkan tekanan darah yang wajib kamu coba.

5 Tips Nyimpan Buah dan Sayuran supaya Segar Berminggu-minggu

12 Pilihan Makanan Penurun Darah Tinggi

  1. Ikan salmon

Cocok Buat Keluarga, Ini Bedanya Restoran Hotpot A La Carte dan All You Can Eat

Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam Ikan salmon diklaim bisa menurunkan tekanan darah dengan menekan peradangan dalam tubuh serta menurunkan kadar senyawa yang dapat menyempitkan pembuluh darah bernama oxylipin.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau juga bisa menjadi makanan untuk menurunkan tekanan darah, seperti sayur bayam dan brokoli yang mengandung beragam nutrisi, mulai dari serat, antioksidan, kalium, kalsium, magnesium, hingga potassium. Nutrisi yang terkandung salam sayuran ini dapat mendukung kesehatan dan fungsi pembuluh darah, sehingga dapat membantu mengontrol tekanan darah.

  1. Wortel

Studi menjelaskan bahwa kandungan senyawa fenolik dalam wortel secara signifikan mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Mengonsumsi wortel secara mentah dinilai lebih bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, meski bisa juga dikonsumsi dengan memasak terlebih dahulu.

  1. Kentang

Kentang mengandung tinggi kalium dan magnesium serta serat yang mampu menurunkan tekanan darah. Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang cocok untuk penderita hipertensi.

Meski demikian,sebaiknya jangan menggunakan terlalu banyak garam saat memasak atau mengonsumsi kentang tersebut, karena dapat meningkatkan tekanan darah.

Untuk mendapatkan manfaat kentang sebagai makanan penurun hipertensi, kamu bisa mengonsumsi dengan cara merebus atau memanggang kentang tersebut tanpa perlu diberi tambahan garam dan lainnya.

  1. Oatmeal

Oatmeal merupakan makanan yang mengandung rendah natrium dan lemak serta tinggi serat, sehingga cocok untuk menurunkan tekanan dalam darah. 

Oatmeal sangat cocok dijadikan menu sarapan. Kamu juga bisa menambahkan buah segar dan sedikit madu agar tidak terlalu hambar.

  1. Buah Bit

Kandungan nitrat yang ada dalam buat bit bersifat menurunkan tekanan darah. Nitrat dikenal sebagai senyawa yang baik untuk melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Bahkan penelitian telah membuktikan bahwa jus bit dapat menurunkan tekanan darah hanya dalam waktu semalaman saja.

  1. Buah Citrus

Jenis buah citrus diantaranya yaitu jeruk bali dan lemon yang baik dikonsumsi bagi penderita hipertensi. Sama seperti sayuran hijau, buah citrus sarat akan vitamin, mineral, dan senyawa bioaktif yang memiliki efek menurunkan tekanan darah.

  1. Minyak ikan

Tidak hanya ikan yang bisa menurunkan tekanan darah. Namun diketahui bahwa minyak ikan juga bisa menjadi bahan makanan pilihan bagi penderita hipertensi. Minyak ikan memiliki banyak khasiat, termasuk untuk mencegah tekanan darah tinggi dan baik untuk kesehatan jantung.

  1. Kacang lima

Kacang lima berasal dari Peru Amerika Latin. Kandungan kalium dalam kacang lima bisa dijadikan sebagai makanan penurun darah tinggi. Kandungan serta dan proteinnya baik untuk penderita hipertensi. 

Kamu bisa mengonsumsi kacang lima dengan cara merebusnya, atau bisa langsung dimakan dan dicampurkan dengan sayuran lain. Perlu diketahui hanya tambahkan sedikit garam pada masakan tersebut.

  1. Biji rami atau flaxseed

Kandungan omega-3 dalam biji rami atau flaxseed juga dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Hypertension padan 2013 mengatakan bahwa mengonsumsi flaxseed dapat membantu menurunkan tekanan darah selama enam bulan pada penderita hipertensi. 

Selain omega-3, flaxseed juga mengandung asam alfa linolenik, lignan, peptida, dan serat yang dapat berpengaruh pada tekanan darah.

  1. Cokelat hitam atau dark chocolate

Cokelat hitam atau dark chocolate kaya akan flavonoid dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Penelitian dalam BMC Medicine tahun 2010 menyebutkan bahwa mengonsumsi dark chocolate dianjurkan sebagai makanan penurun darah tinggi bagi orang dengan kondisi hipertensi atau prehipertensi.

Kandungan flavonoid dalam dark chocolate berhubungan dengan pembentukan oksida nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah, sehingga bisa menurunkan tekanan darah.

Jika kamu masih bingung cara memilih coklat hitam yang cocok untuk penderita hipertensi, pilihlah coklat dengan kandungan kakao mencapai 70%. Semakin tinggi kandungan kakaonya, semakin baik untuk kesehatanmu.

  1. Susu rendah lemak dan yoghurt

Susu yang kaya akan kalsium dan rendah lemak bisa membantu kamu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Jika kamu tidak menyukai susu, bisa juga mengonsumsi yoghurt sebagai penggantinya.

Itulah beberapa makanan yang bisa menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi yang dikutip dari berbagai sumber.

Perlu diketahui juga bahwa ada beberapa jenis makanan ataupun minuman yang harus dihindari bagi penderita hipertensi, di antaranya makanan tinggi lemak, makanan olahan, asinan, makanan cepat saji, minuman berlakohol, dan minuman yang tinggi kafein.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya