Tips Jaga Kesehatan Usus, Sehatkan Sistem Pencernaan Hingga Perbaiki Kondisi Mental

Ilustrasi usus.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Sistem pencernaan berperan penting bagi tubuh manusia, bukan hanya untuk mengolah makanan yang masuk tetapi juga menyalurkan vitamin yang dihasilkan dari makanan tersebut.

Merasakan Kemewahan Kuliner Prancis di Batam, Perpaduan Citra dan Rasa yang Menggoda

Pakar nutrisi mengungkapkan tips terbaiknya tentang cara menjaga kesehatan usus, mulai dari mengonsumsi makanan kaya serat setiap hari, hingga menghindari makan besar dan tiga jam sebelum tidur. Scroll untuk info selengkapnya, yuk!

Saran lain untuk membantu mendukung kesehatan usus termasuk tetap terhidrasi dengan baik sepanjang hari, mengunyah makanan setidaknya 15-20 kali, dan mencoba jenis buah atau sayuran baru setiap minggu. Hal ini terjadi ketika survei terhadap 2.000 orang dewasa menemukan bahwa 35 persen tidak tahu apa itu usus, atau apa fungsinya, sementara 18 persen lainnya bahkan tidak tahu di bagian tubuh mana usus bisa ditemukan.

Aktor Irwan Chandra Nyaris Celaka! Usus Buntu Pecah, Perut Dibedah 15 Jahitan

Ilustrasi sistem pencernaan.

Photo :
  • Pixabay

"Usus tidak hanya membantu mencerna makanan untuk mendukung sistem pencernaan yang sehat, namun fungsinya membantu tubuh kita secara fisik, dan juga memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan mental kita sehari-hari," kata ahli gizi Herbalife, Dr Richard Allison, melansir Daily Star, Kamis 2 Mei 2024.

Pantau Hotel & Dapur di Madinah, Menag Pastikan Fasilitas Layanan Jemaah Lansia

Meskipun usus merupakan rumah bagi 70 persen sel kekebalan tubuh, tidak banyak orang yang benar-benar menyadari hal ini. Faktanya, orang dewasa lebih mungkin mengetahui tentang Netflix, aplikasi ponsel, aturan offside, atau tim sepakbola mereka, dibandingkan dengan bagian anatomi mereka sendiri.

"Seperti yang ditunjukkan oleh penelitian, orang Inggris mempercayai naluri mereka untuk mengambil banyak keputusan baik besar maupun kecil. Namun yang mengejutkan, mereka hanya mengetahui sedikit sekali tentang salah satu organ terpenting dalam tubuhnya," jelasnya. 

Usus yang merupakan bagian dari sistem pencernaan, termasuk lambung, dan usus besar, memainkan peran penting dalam kesehatan fungsi tubuh manusia. Namun 95 persen tidak mengetahui berapa banyak rata-rata serotonin yang dihasilkan usus manusia dan jawabannya adalah sekitar 95 persen.

Hampir tiga perempat orang dengan tepat mengidentifikasi usus sebagai organ yang menyediakan nutrisi pendukung kehidupan bagi semua organ lainnya, meskipun sedikit dari mereka secara keliru percaya bahwa jantung melakukan hal ini. 

Dr Rchard Allison memberikan tips menjaga kesehatan usus, pertama adalah perkenalkan jenis buah atau sayuran baru setiap minggu, lalu kunyah makanan minimal 15-20 kali. Kemudian, hindari makan besar dalam waktu tiga jam sebelum tidur, serta makanlah makanan kaya serat setiap hari. Terakhir, penting untuk tetap terhidrasi, minum banyak air sepanjang hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya