Berkebun Hingga Yoga, 7 Olahraga Baik untuk Diabetes

Ilustrasi bersepeda/olahraga.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA – Olahraga baik untuk hampir semua orang dan tentunya sangat penting bagi menderita diabetes. Manfaat olahraga bagi penyandang diabetes pun tak main-main, seperti menurunkan gula darah dan tekanan darah, meningkatkan energi, dan membantu Anda tidur lebih nyenyak. 

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Tak sedikit penyandang diabetes yang merasakan tubuhnya lebih bugar usai berolahraga. Lantas, apa saja bentuk latihan fisik dengan intesitas rendah yang cocok bagi penyandang diabetes? Berikut rekomendasinya dikutip dari laman WebMD.

Berjalan

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Ini adalah cara sederhana untuk berolahraga dan menghirup udara segar. Itu juga bisa menurunkan stres Anda. Jalan cepat selama 30 menit hingga satu jam 3 atau 4 kali seminggu adalah salah satu cara untuk mencapai target Anda. Sangat mudah untuk memulai: berjalan ke toko alih-alih mengemudi motor. Setelah Anda menjadikannya kebiasaan, itu bisa bermanfaat dan memotivasi untuk melacak langkah dan kemajuan Anda.

Menari

Jangan Dilewatkan! Ini Pentingnya Pemanasan Sebelum Olahraga

Ini bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk berolahraga. Goyangkan saja ritme Anda selama 25 menit, 3 hari seminggu untuk membantu jantung, menurunkan gula darah, mengurangi tingkat stres, dan membakar kalori. Anda juga tidak membutuhkan pasangan untuk memulai. Kursi bisa menjadi penyangga yang baik jika Anda membutuhkannya.

Berenang

Ini adalah salah satu latihan aerobik yang tidak membuat sendi Anda tegang seperti yang lainnya. Ini juga memungkinkan Anda melatih otot di tubuh bagian atas dan bawah secara bersamaan. Memukul air juga baik untuk jantung Anda. Ini juga dapat menurunkan kolesterol dan membantu Anda membakar kalori yang serius.

Sepeda

Memerangi diabetes bisa semudah mengendarai sepeda. Apakah Anda menggunakan yang stasioner atau di jalan, 30 menit sehari 3 hingga 5 kali seminggu dapat meningkatkan detak jantung, membakar gula darah, dan membantu menurunkan berat badan tanpa melukai lutut atau persendian lainnya.

Menaiki tangga

Ini bisa menjadi cara yang sehat dan mudah untuk membakar kalori dan membuat jantung dan paru-paru Anda bekerja lebih cepat, terutama jika Anda menderita diabetes tipe 2. Naik turun tangga selama 3 menit sekitar satu atau dua jam setelah makan adalah cara yang baik untuk membakar gula darah. Anda dapat melakukannya di mana saja ada tangga, seperti ketika Anda perlu istirahat dari pekerjaan.

Berkebun

Jika ide olahraga tradisional bukan untuk Anda, jangan khawatir. Waktu di kebun Anda dihitung sebagai aktivitas aerobik dan latihan kekuatan. Itu membuat darah Anda mengalir karena Anda berjalan, berlutut, dan membungkuk. Ini juga membangun otot dan membantu tulang Anda karena Anda menggali, mengangkat, dan menyapu. Anda juga berada di luar ruangan, di mana tingkat stres bisa lebih rendah.

Yoga

Olahraga ini bekerja selama 5.000 tahun sebagai latihan berdampak rendah yang dapat membuat Anda lebih kuat dan lebih fleksibel. Yoga juga dapat membantu keseimbangan. Gerakan, pose, dan fokus pada pernapasan juga dapat meredakan stres dan membantu membangun otot. Itu bisa menjaga kadar gula darah Anda lebih stabil.

Bicara mengenai olahraga sendiri, Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX 2021 yang akan berlangsung tanggal 2 hingga 15 Oktober 2021 mendatang tengah menjadi perbincangan dan kini resmi disponsori oleh Penerbit Erlangga.

Manajer Marketing Nasional Penerbit Erlangga, Irving William P.W., mengatakan pihaknya sebagai perusahaan yang menerbitkan buku-buku pendidikan ingin memberikan warna lain dalam memajukan pendidikan Indonesia. Tidak hanya mendukung kegiatan belajar di sekolah, akan tetapi juga mendukung prestasi di bidang olahraga. 

“Ada banyak nilai positif dalam olahraga. Untuk itu, ke depannya kami berkomitmen akan terus mendukung masyarakat Indonesia terutama generasi muda lewat olahraga,” ujar Irving dalam keterangan tertulis.

Selain itu, melalui dukungan ini, Irving berharap Penerbit Erlangga dapat memotivasi generasi muda untuk mencintai olahraga, menumbuhkan rasa nasionalisme, dan memberikan semangat untuk para atlet yang akan bertanding, serta semua yang terlibat penyelenggaraan PON XX Papua.

“Kemudian, melalui program Erpod di kanal Youtube Erlangga Inspirasi, kami menayangkan talkshow dengan narasumber atlet dan penyanyi yang terlibat di PON XX Papua,” tambah Irving.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya